Breaking News:

Sumpah Pemuda

Link Download Logo Hari Sumpah Pemuda 2022 Format PNG, JPG, HD dan Arti Logo Sumpah Pemuda ke-94

Link download dan arti logo Hari Sumpah Pemuda 2022 dengan format PNG, JPG dan HD yang dikeluarkan Kemenpora

Penulis: Abdul Rosid | Editor: Abdul Rosid
Kemenpora
Link download dan arti logo Hari Sumpah Pemuda 2022 dengan format PNG, JPG dan HD yang dikeluarkan Kemenpora 

TRIBUNBANTEN.COM - Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah merilis logo Hari Sumpah Pemuda 2022.

Pada laman artikel ini memuat tentang link download logo Hari Sumpah Pemuda 2022 dengan format PNG, JPG dan HD.

Selain itu, artikel ini juga membahas tentang arti logo Hari Sumpah Pemuda 2022.

Sehingga logo Hari Sumpah Pemuda 2022 ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan publikasi, seperti membuat poster sumpah pemuda, flyer sumpah pemuda, twibbon sumpah pemuda, background, banner, umbul-umbul dan materi publikasi event sumpah pemuda lainnya.

Baca juga: Kumpulan Twibbon Hari Sumpah Pemuda 2022 ke-94, Pasang dan Bagikan ke Media Sosial

Link download logo Hari Sumpah Pemuda 2022 (KLIK DI SINI).

Arti Logo Hari Sumpah Pemuda 2022

Secara umum, logo peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini akan mencerminkan sikap persatuan bangsa yang multikultural, jiwa kepemudaan yang harus terus bersemangat, tegas, dan juga penuh keyakinan-keyakinan untuk selalu adaptif dalam segala transformasi.

Sebuah refleksi yang berasal dari nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika yang dapat mempersatukan keanekaragaman bangsa untuk mencetak para Pemuda Pemudi yang ikut serta bersatu membangun bangsa.

Baca juga: 30 Pantun Bertema Sumpah Pemuda, Lucu dan Penuh Makna

Tema Hari Sumpah Pemuda 2022

Tema yang diangkat akan dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022 ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”

Sejarah Singkat Sumpah Pemuda

Dilansir dari laman museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id, gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh indonesia.

Atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat. Sehingga menghasilkan Sumpah Pemuda.

Rapat pertama, Sabtu, 27 Oktober 1928, di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Lapangan Banteng. Dalam sambutannya, Soegondo berharap kongres ini dapat memperkuat semangat persatuan dalam sanubari para pemuda.

Baca juga: Contoh Teks MC atau Pembawa Acara Kegiatan Hari Sumpah Pemuda, Cocok untuk di Sekolah dan Masyarakat

Acara dilanjutkan dengan uraian Moehammad Jamin tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda. Menurutnya, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.

Rapat kedua, Minggu, 28 Oktober 1928, di Gedung Oost-Java Bioscoop, membahas masalah pendidikan. Kedua pembicara, Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro, sependapat bahwa anak harus mendapat pendidikan kebangsaan, harus pula ada keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah. Anak juga harus dididik secara demokratis.

Rapat yang ketiga diselenggarakan di Gedung Indonesische Clubhuis Keramat pada Minggu, 28 Oktober 1928, Soenario menjelaskan pentingnya nasionalisme dan demokrasi selain gerakan kepanduan. Sedangkan Ramelan mengemukakan, gerakan kepanduan tidak bisa dipisahkan dari pergerakan nasional.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved