Breaking News:

Penyakit PMK di Lebak, 12 Peternak Terima Bantuan Senilai Jutaan Rupiah

Dinas Peternakan dan Kesehatan atau Disnakeswan Kabupaten Lebak memberikan bantuan bagi peternak yang hewan ternak terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku

Penulis: Nurandi | Editor: Glery Lazuardi
nurandi
Rahmat Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lebak, Rabu (16/11/2022). Dinas Peternakan dan Kesehatan atau Disnakeswan Kabupaten Lebak memberikan bantuan bagi peternak yang hewan ternak terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Iti Octavia Jayabaya kepada 12 peternak pada Selasa (15/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Banten.com, Nurandi

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK- Dinas Peternakan dan Kesehatan atau Disnakeswan Kabupaten Lebak memberikan bantuan bagi peternak yang hewan ternak terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK).

Bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Iti Octavia Jayabaya kepada 12 peternak pada Selasa (15/11/2022).

"Alhamdulillah kemarin ada bantuan dari Kementerian Pertanian. Jadi itu sudah di anggarkan memang untuk meringankan beban para peternak, yang ternaknya mati karena PMK. Alhamdulillah kemarin bersama Bupati dan Kadis Pertanian Provinsi Banten, kita serahkan langsung kepada peternak yang berhak," kata Kepala Disnakeswan Lebak, Rahmat saat ditemui TribunBanten.com, Rabu (16/11/2022).

Baca juga: Prakiraan Cuaca Banten 16 November 2022, Lebak Hujan Lebat Disertai Petir, Serang Berawan

Bantuan itu untuk meringankan beban peternak yang hewan ternak mati akibat terkena virus PMK.

Sebelumnya dari data Disnakeswan di Lebak total 420 hewan ternak di Lebak terdampak PMK. Namun untuk saat ini hewan ternak sudah kembali dalam kondisi sehat.

Bantuan yang diberikan itu hanya kepada peternak hewan besar saja, yaitu kerbau.

Untuk hewan besar seperti sapi dan kerbau itu per ekornya mendapatkan bantuan Rp10 juta dan hewan kecil seperti domba atau kambing Rp1,5 juta per ekornya.

Rahmat menyampaikan jika bantuan yang diserahkan kepada 12 peternak nominalnya variatif, seusai dengan hewan ternak yang mati.

"Yang menerima bantuan sebanyak 12 peternak dan semuanya variatif, ada yang mendapatkan Rp10 juta, Rp20 juta hingga yang terbesar Rp50 juta," katanya.

Baca juga: Warga Lebak Pertanyakan Bantuan STB, Diskominfo: Itu Kewenangan Ada di Pemerintah Pusat

Dirinya menambahkan bagi peternak yang terdampak PMK itu hanya lima ekor saja dan maksimal uangnya hanya Rp 50 juta.

"Karena memang maksimal uang bagi peternak yang terkena dampak PMK itu, maksimalnya hanya untuk lima ekor," ucapnya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved