Breaking News:

Libur Natal dan Tahun Baru Via Pelabuhan Merak, Waspada Titik Rawan Macet dan Kecelakaan Berikut

Bagi anda pemudik yang ingin menggunakan jasa transportasi di Pelabuhan Merak, maka perhatikan informasi berikut.

Editor: Glery Lazuardi
sopian sauri
Ilustrasi jasa penyeberangan di Pelabuhan Merak. Bagi anda pemudik yang ingin menggunakan jasa transportasi di Pelabuhan Merak, maka perhatikan informasi berikut. Polda Banten memetakan titik rawan macet dan kecelakaan di jalur arteri maupun tol dari DKI Jakarta menuju Pelabuhan Merak atau sebaliknya. 

TRIBUNBANTEN.COM - Bagi anda pemudik yang ingin menggunakan jasa transportasi di Pelabuhan Merak, maka perhatikan informasi berikut.

Polda Banten memetakan titik rawan macet dan kecelakaan di jalur arteri maupun tol dari DKI Jakarta menuju Pelabuhan Merak atau sebaliknya.

Baca juga: Angkutan Nataru di Pelabuhan Merak, Calon Penumpang Diminta Berangkat Siang Hari

Setidaknya ada 13 titik rawan kemacetan. Yaitu Balaraja Barat, Pasar Gembong, Persimpangan Asem Cikande, depan PT Nikomas, Pasar Tambak, Pasar Kragilan, Pasar Kalodran, Pasar Ciruas, Terminal Pakupatan, Kramatwatu hingga Serdang.

Sedangkan Titik rawan macet di Tol Tangerang - Merak berada di Gerbang Tol Cikupa, Gerbang Tol Merak, serta KM 52 hingga KM 72.

Kepala Biro Operasional Polda Banten, Kombes Pol Dedi Suhartono mengatakan, untuk menanggulangi kemacetan, ribuan personel disebar untuk pengamanan arus lalu lintas Natal dan Tahun baru.

Disebutkan Dedi, Jumlah personel yang diterjunkan sebanyak 3,247 personel gabungan terdiri dari anggota Polri sebanyak 1.696, TNI sebanyak 292, serta 1.259 instansi terkait.

"Pospam (nataru) sudah jadi semua (untuk melakukan pengamanan jalur kendaraan). Jalan tol juga akan ditempat kan personel tak hanya di jalur arteri dari arah Jakarta menuju Merak," kata Dedi kepada wartawan. Kamis (22/12/2022).

Selain itu, Mabes Polri pun turut membantu pengamanan selama periode Nataru di Banten dengan menerjunkan sebanyak 2 kompi pasukan.

Baca juga: Jadwal Keberangkatan Kapal Ferry Expres Pelabuhan Merak-Bakauheni Per Hari Ini 21 Desember 2022

"Nanti (personel) ditempatkan sesuai dengan situasi dan kondisi serta tugasnya. Misalnya tugas kontigensi, Brimob akan membantu penjagaan dan sterilisasi gereja," ujar dia.

Dedi memprediksi, arus kendaraan akan terjadi lonjakan kendaraan pada 23 - 24 Desember 2022. Sedangkan jalur wisata pada 25 Desember, dan arus balik 31 Desember 2022.

Titik rawan kecelakaan Selain kemacetan, Polda Banten juga mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas selama Nataru.

Titik rawan kecelakaan di jalan tol Tangerang- Merak di Tol KM 87 dan KM 97. Sedangkan di jalur arteri di Jalan Gatot Subroto, Cikande, Ciruas, Kalodran, Kramatwatu, Bojonegara hingga perempatan Tol Cilegon Barat.

Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto menambahkan, pada Nataru diprediksi ada peningkatan arus kendaraan yang signifikan sekitar 15 persen.

Baca juga: Nama-nama Korban Bus Terguling di Tol Tangerang-Merak, 10 Dirawat di RS Tobat Balaraja & 1 Meninggal

"Memposisikan kenaikannya 15 persen. Kalau kita liat kemampuan harian, di Pelabuhan 18 ribu perhari, makan 15 persennya sekitar 20.000. Itu prediksi," kata Budi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Titik Rawan Macet dan Kecelakaan Selama Libur Natal di Jalur Menuju Pelabuhan Merak"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved