Breaking News:

Banyak Tong Sampah di Pusat Kota Serang Hilang, Dinas Lingkungan Hidup Salahkan Oknum Warga

Ipiyanto menyebut setidaknya ada 200 tong sampah yang ditelatkkan di beberapa sudut jalan pusat Kota Serang. Namun, kini jumlahnya jauh berkurang.

Tribuners/Martin Ronaldo Pakpahan
Fasilitas umum berupa tempat sampah di sekitar Alun-alun Kota Serang, Banten, terpantau rusak hingga hilang pada Jumat (17/7/2020). 

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Puluhan tempat sampah atau tong sampah di beberapa sudut jalan pusat Kota Serang mengalami kerusakan dan hilang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang Ipiyanto menyebut hal itu disebabkan dicuri oknum warga untuk dijual kembali.

"Apakah diambil oleh pemulung atau dirusak, itu tanyakan ke mereka. Tapi, saya pernah melihat (tempat sampah Pemkot Serang) ada di kantin dan di warung warga. Mengakunya itu dapat dikasih. Tapi, saya lihat bentuknya tong sampah yang di jalan," kata Ipiyanto saat dihubungi.

Ipiyanto menyebut setidaknya ada 200 tong sampah yang ditelatkkan di beberapa sudut jalan pusat Kota Serang. Namun, kini jumlahnya jauh berkurang.

Menurutnya, Dinas Lingkungan Hidup tidak dapat mengerahkan SDM untuk mengawasi satu per satu keberadaan tong sampah itu. Sebba, hal itu justru tidak efektif dan cenderung mengeluarkan biaya lebih besar.

"Kita pernah melakukan pengawasan sebelumnya, tapi menelan biaya untuk para petugas yang stand by selama 24 jam di situ dan besar itu," paparnya.

Puluhan Tempat Sampah di Pusat Kota Serang Rusak Hingga Hilang, Warga Kebingungan

Ia menegaskan keberadaan dan terawat tidaknya tong sampah di pusat Kota Serang merupakan tanggung jawab bersama. Dan tak bisa serta-merta menyalahkan Pemkot Serang saat tong sampah rusak maupun hilang.

"Tapi, perilaku masyarakat yang harus diubah," tegasnya.

Jalan Provinsi di Kota Serang Dibiarkan Rusak 5 Tahun Lamanya

Ia menambahkan pihaknya belum mempunyai rencana pengadaan baru maupun perbaikan terhadap tong sampah yang rusak dan hilang.

"Kemungkinan kami belum akan melakukan itu, karena itu biaya yang cukup besar, sayang kan. Tahun ini tidak, cukup menempatkan di beberapa saja, tidak semua," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, dari pantauan di lokasi, setidaknya ada 71 tong sampah di pusat Kota Serang ditemukan dalam keadaan rusak hingga hilang.

Sejumlah warga yang peduli pada kebersihan mengeluhkan keadaan itu.

(Tribuners/Martin Ronaldo Pakpahan)

Editor: Abdul Qodir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved