Breaking News:

Pilkada Kota Cilegon

DPW Berkarya Banten Batalkan Dukungan untuk Ratu Tatu dan Helldy Agustian

"Artinya, jika Helldy ingin tetap maju, ya harus mengikuti penjaringan yang baru," sambungnya.

Martin Ronaldo/Tribunners
Pengurus DPW Partai Berkarya Banten menggelar jumpa pers pembantalan pengusungan calon kepala daerah, di kantor DPW Berkarya Banten, Kabupaten Serang, Banten, Minggu (9/8/2020). 

TRIBUNBANTEN.COM, TANGERANG - DPW Partai Berkarya Banten versi Muchdi Pr mencabut surat keputusan (SK) dukungan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa dan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon Helldy Agustian-Sanuji Pentamerta.

Pengurus Partai Berkarya Banten ingin melakukan pergantian calon yang diusung di Pilkada Kabupaten Serang dan Kota Cilegon menyusul pergantian kepimpinan partai dari Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto ke Muchdi Pr.

"Ini kan acuannya SK kemenkumham nomor M.HH-17.AH.11.01.Tahun 2020, tanggal 30 Juli 2020 tentang Susunan Pengurus DPP Partai Berkarya Periode 2020-2025, ketika dicabut SK dari DPW dan DPD secara otomatis rekomendasi yang dikeluarkan lebih awal oleh kepengurusan yang lalu itu dengan sendirinya tidak berlaku lagi," ujar Plt Ketua DPW Partai Berkarya Banten Putu Kaimani di kantor DPW Partai Berkarya Banten, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu (9/8/2020).

Selain itu, pengurus DPW Berkarya Banten akan melakukan perubahan kepengurusan partai di empat DPD tingkat kabupaten/kota untuk selanjutnya mengkaji ulang pasangan calon kepala daerah di wilayah masing-masing.

Muchdi Pr Rombak Pengurus Partai Berkarya Banten, Pencalonan Heldy-Sanuji Terancam

Muchdi Purwopranjono atau Muchdi Pr
Muchdi Purwopranjono atau Muchdi Pr (Kompas.com)

Menurutnya, pengusungan calon kepala harus dilakukan secara berjenjang dari kepengurusan partai tingkat bawah.

Ia juga mengungkapkan partainya akan kembali melakukan penjaringan bakal calon kepala daerah.

"Di (DPRD) Cilegon kami ada empat kursi, lalu Kabupaten Serang juga sama, ini nanti akan kami kaji. Kemana nantinya kami akan kasih (dukungan), tentu dengan melalui mekanisme partai melalui DPW untuk selanjutnya kami serahkan ke DPP," jelasnya.

Putu memprakirakan pihaknya masih cukup waktu melakukan proses pergantian kepengurusan, penjaringan dan lobi-lobi politik dan menetapkan pasangan calon yang akan diusung pada Pilkada Kabupaten Serang dan Kota Cilegon sebelum KPUD membukan pendaftaran.

"Insyaallah keburu, kami secepatnya akan melakukan konsolidasi, komunikasi baik dengan pengurus atau kandidat yang ada, kan pendaftaran pada tanggal 4-6 September. Jadi, masih ada waktu," katanya.

PKB Merapat, Sang Petahana Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa Didukung 10 Parpol

Sementara itu, Plt Ketua DPD Partai Berkarya Cilegon Silvi mengatakan terkait dengan rekomendasi bacalon Pilkada khususnya di Cilegon, DPP mengintruksikan untuk menggodok ulang pasangan calon yang akan diusung.

"Ya kami akan bentuk dahulu nanti Musdalu definitif. Nah, terkait dengan pilkada, kami akan buat penjaringan baru," kata Silvi.

"Artinya, jika Helldy ingin tetap maju, ya harus mengikuti penjaringan yang baru," sambungnya.

Silvi juga mempersilahkan bagi para kandidat bacalon yang ada jika memang ingin diusung oleh partainya bisa mengikuti penjaringan yang ada.

"Besok, kami akan mulai penjaringan," tegasnya.

(Tribuners/Martin Ronaldo Pakpahan)

Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved