Breaking News:

Kembali Belajar di Sekolah Saat Covid-19, Dinas Pendidikan Kota Serang Minta Maksimalkan Dana BOS

Ia mengatakan, sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) penggunaan dana BOS dalam kondisi pandemi Covid-19, sekolah dapat menggunakan dana BOS

TribunnewsWiki.com
ILUSTRASI aturan baru di sekolah, di tengah wabah virus corona ---- Siswa sekolah dasar negeri 002 Ranai melakukan aktivitas belajar menggunakan masker di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Indonesia, Selasa (4/2/2020). 

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Menghadapi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka di sekolah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang meminta pihak sekolah memaksimalkan Dana Bantuan Operasional Sekolah atau Dana BOS untuk digunakan fasilitas pencegahan Covid-19.

"Kami sudah memberitahu ke semua sekolah, Dana BOS itu harus digunakan secara maksimal untuk melakukan pengadaan fasilitas pencegahan Covid-19 pada saat KBM tatap muka sudah mulai dilakukan di Kota Serang," ujar Manajer BOS pada Dindikbud Kota Serang, Sarnata, saat ditemui di ruang kerjanya, Kota Serang, Rabu (12/8/2020).

Ia mengatakan, sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) penggunaan dana BOS dalam kondisi pandemi Covid-19, sekolah dapat menggunakan dana BOS untuk beberapa hal guna mencegah penyebaran virus corona di sekolah.

"Dari BOS boleh untuk pembelian masker bagi siswa, boleh untuk membeli hand sanitizer, boleh juga untuk pengadaan fasilitas cuci tangan di setiap sekolah. Selain itu juga boleh untuk melakukan penyemprotan disinfektan dan pemberian subsidi kuota," terangnya.

Akan tetapi, dalam pemberian subsidi kuota internet tersebut hanya sebatas untuk para guru.

Sebab, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang tidak sanggup apabila harus melakukan subsidi kuota internet untuk para peserta didik yang jumlahnya sangat banyak.

"Kalau siswa belum, karena kalau siswa dapat subsidi kuota pasti akan habis (Dana BOS). Untuk subsidi kuota bagi para guru pun itu harus disesuaikan dengan kemampuan dari sekolahnya," jelas Sarnata.

Gubernur Banten Minta Hati-hati Lima Wilayah yang Melaksanakan Kegiatan Belajar di Sekolah

Banten Buka Sekolah Desember, Sementara Siswa Belajar Daring Diguyur Pulsa Rp5,5 Juta

Sebelumnya, Walikota Serang Syafrudin mengatakan bahwa pada 18 Agustus mendatang, seluruh sekolah yang berada di bawah naungan Pemkot Serang akan mulai menggelar KBM secara tatap muka.

Syafrudin menerangkan saat ini pihaknya tengah melakukan simulasi terlebih dahulu untuk persiapan KBM tatap muka langsung yang ditangani langsung oleh Dindikbud Kota Serang.

Pelaksanaan KBM secara tatap muka di sekolah dimulai 18 Agustus mendatang. Akan tetapi, kemungkinan besar sebelum digelar KBM akan dilakukan rapid test terlebih dahulu dan akan ada sosialisasi juga kepada sekolah-sekolah.

(Tribuners/Martin Ronaldo Pakpahan)

Editor: Abdul Qodir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved