Breaking News:

Tangsel Sudah Zona Merah, Ratusan PNS Di-rapid Test dan Swab Massal

Langkah ini untuk mengantisipasi kasus Covid-19 di lingkungan Pemkot Tangerang Selatan mengingat wilayah Tangsel telah masuk zona merah penyebaran

Tribunbanten.com/Zuhirna Wulan Dilla
Sejumlah PNS mengantre sebelum menjalani rapid test dan swab test di kantor Pemkot Tangerang Selatan, Selasa (15/9/2020). 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Zuhirna Wulan Dilla

TRIBUNBANTEN.COM, TANGERANG SELATAN - Pemkot Tangsel melakukan rapid test dan swab test terhadap ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN; PNS dan pegawai pemerintah dengan kontrak kerja) di empat kantor dinas pada Selasa (15/9/2020).

Langkah ini untuk mengantisipasi kasus Covid-19 di lingkungan Pemkot Tangerang Selatan mengingat wilayah Tangsel telah masuk zona merah penyebaran virus corona.

"Ini bentuk antisipasi kami karena sudah Zona Merah, kami lakukan di lingkungan pemkot dulu" ujar Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie saat mengunjungi proses rapid test dan swab test di kantor Pemkot Tangerang Selatan, Banten, Selasa (15/9/2020).

Benyamin mengatakan, target rapid test dan swab test ini adalah sebanyak 600 pegawai di empat kantor dinas.

Yakni, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Pendidikan (Dindik), Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPM3AKB) dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim).

Siap-siap, Guru yang Tolak Rapid Test Bakal Kena Sanksi

Biaya Tertinggi Rapid Test Rp 150 Ribu Berlaku di Semua Rumah Sakit

Suasana rapid test dan swab test para PNS di Pemkot Tangerang Selatan, Selasa (15/9/2020).
Suasana rapid test dan swab test para PNS di Pemkot Tangerang Selatan, Selasa (15/9/2020). (Tribunbanten.com/Zuhirna Wulan Dilla)

Pemeriksaan rapid test dan swab test dilakukan oleh 32 petugas medis dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan.

Doni, PNS di Disperkim Kota Tangsel, mengaku senang dengan adanya rapid dan swas test ini.

"Saya sempat takut juga cuma ini kan bentuk antisipasi jadi tidak apa-apa," katanya.

Setiap Hari 30 Jenazah Pasien Covid-19 Dimakamkan di TPU di Jakarta Ini, Lahan 2 Bulan Lagi Habis

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie memberikan usai melihat proses rapid test dan swab para PNS di Pemkot Tangerang Selatan, Selasa (15/9/2020).
Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie memberikan usai melihat proses rapid test dan swab para PNS di Pemkot Tangerang Selatan, Selasa (15/9/2020). (Tribunbanten.com/Zuhirna Wulan Dilla)

Proses rapid test dan swab test berjalan aman dan lancar. Para ASN berdiri mengantre sebelum menjalani sejumlah tahap pemeriksaan.

Hasil rapid test sendiri keluar sekitar 20 menit.

Mereka yang diketahui reaktif Covid-19 akan langsung dilakukan swab test. Dan hasil swab test akan disampaikan paling lama 2 minggu selanjutnya.

Diketahui, Tangerang Selatan menjadi zona merah penyebaran Covid-19 dengan tingkat risiko penularan tinggi, sejak Agustus 2020 lalu.

Kenaikan status dari zona oranye menjadi merah tersebut seiring dengan angka kasus Covid-19 yang mengalami peningkatan di Tangerang Selatan beberapa waktu belakangan.

Kondisi tersebut dipengaruhi dengan tingginya mobilitas masyarakat dan mulai menurunnya kedisiplinan warga terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Penulis: Zuhirna Wulan Dilla
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved