Breaking News:

Tenaga Kesehatan di Tangerang Selatan Ikut Pelatihan Suntik Vaksin Covid-19

Vaksinasi Covid-19 di wilayah Tangerang Selatan menurut rencana akan dimulai pada 14 Januari 2020.

(Shutterstock)
Ilustrasi vaksin 

TRIBUNBANTEN.COM, TANGERANG SELATAN - Vaksinasi Covid-19 di wilayah Tangerang Selatan menurut rencana akan dimulai pada 14 Januari 2020.

Tenaga kesehatan yang ditugaskan sebagai vaksinator pun mulai mengikuti pelatihan dari Kementerian Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Tangerang Selatan Deden Deni menjelaskan, pelatihan untuk vaksinator dilakukan secara daring mulai Senin (4/1/2021) hari ini sampai Selasa (5/1/2021).

"Jadwalnya tanggal 14 Januari 2021, kami (Tangsel) sudah mulai vaksinasi. Makanya ini pelatihannya dipercepat, dua hari pelatihannya lewat Zoom dari Kemenkes. Senin hari ini sama besok," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin.

Baca juga: 708 Lokasi Pelaksanaan Vaksinasi Sinovac di Banten

Namun, Deden belum dapat memastikan jumlah vaksinator yang dikerahkan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan dan mulai mengikuti pelatihan.

Dia hanya menjelaskan bahwa pelatihan tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa sumber daya manusia yang ditugaskan dalam vaksinasi Covid-19 memahami prosedur penyuntikan.

"Bagaimana alurnya, penyuntikannya, gitu lho. Karena ini bukan sesuatu yang biasa. Pada saat orang mau disuntik itu juga kan harus di-screening lagi," ungkapnya.

Adapun vaksinasi Covid-19 tahap pertama akan menyasar tenaga kesehatan. Sudah ada sekitar 9.760 peserta vaksinasi yang terdaftar dari 12.000 tenaga medis di Tangerang Selatan.

Deden menyebutkan bahwa jumlah tenaga kesehatan di wilayah Tangerang Selatan yang menjadi peserta vaksinasi Covid-19 itu masih akan bertambah.

"Total data tenaga kesehatan yang ada di kami itu yang terdaftar itu ada 12.000-an, tetapi yang mendaftar untuk vaksinasi baru 9.760 sekian," kata Deden.

Baca juga: Intelijen Polri-TNI Dikerahkan Jaga Belasan Ribu Vaksin Covid-19 di Banten

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramuji menjelaskan, pada tahap pertama, vaksin Covid-19 diperuntukan bagi tenaga kesehatan di Banten yang jumlahnya kurang lebih 43.000 orang.

Halaman
12
Editor: Glery Lazuardi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved