Breaking News:

Pemkab Serang Kembangkan Desa Wisata yang Miliki Spot Instagramable

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Serang sedang menyiapkan Desa Wisata untuk tempat wisata di wilayah tersebut.

Penulis: Khairul Ma'arif | Editor: Glery Lazuardi
Kompas.com
Ilustrasi Desa Wisata 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Khairul Ma'arif

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Serang sedang menyiapkan Desa Wisata untuk tempat wisata di wilayah tersebut.

Ada empat Desa Wisata yang sudah bergerak terdiri dari Sukaratu, Pulau Panjang, Cikolelet, Puncak Cibaja dan enam yang masih rintisan dari target yang ingin dicapai sekitar 33 Desa Wisata.

Desa Wisata sudah ada yang berkembang dan memiliki spot instagramable.

Kecamatan yang berdekatan dengan pantai Anyer, seperti Mancak, Cinangka, dan Padarincang akan menjadi fokus wisata dataran tinggi.

"Kita sudah punya Puncak Cibaja dan Puncak Manik sehingga kita tidak kalah dengan daerah lain yang mempunyai view yang bagus," kata Sekretaris Dinas Diparpora, Encep Sumantri (53), kepada TribunBanten.com, saat ditemui di kantornya, Rabu (20/01/2021)

Baca juga: Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan Desa Wisata Batulayang, Wisatawan Harus Perhatikan Prokes

Baca juga: Kisah Penjaga Pantai Anyer, Ibarat Film Baywatch Hanya Bermodal Ban untuk Selamatkan Wisatawan

Melalui Desa Wisata, Disparpora Kabupaten Serang berkeinginan agar ekonomi desa dapat berkembang masyarakat dapat diberdayakan sehingga tidak perlu lagi ke luar desa untuk bekerja.

"Jadi harapan Disparpora ke depannya, wisatawan tidak hanya berkunjung ke kawasan pantai Anyer saja, tetapi sekarang dikembangkan wisata alam di sisi pegunungan," tambahnya.

Untuk mencapai target tersebut masih ada sedikit kendala soal kerja sama dengan pihak Perhutani.

"Rata-rata desa yang ingin berkembang dengan pariwisata pada umumnya berbatasan langsung dengan lahan perhutani, sehingga harus menunggu MoU terlebih dahulu," ucapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved