Breaking News:

Prediksi Bank Indonesia: Pertumbuhan Ekonomi Banten Triwulan II 2021 Lebih Baik, Ini 5 Kuncinya

Pada dasarnya terdapat lima kunci sukses untuk meningkatkan perkembangan ekonomi Banten

TribunBanten.com/Amanda Putri Kirana
Kepala Perwakilan BI Banten Erwin Soeriadimadja dalam Banten Economic Forum Seri 1-2021 dan rilis Laporan Perekonomian Provinsi (LPP) Banten Periode Februari 2021 yang dilaksanakan secara virtual, Selasa (23/3/2021). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Amanda Putri Kirana

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Bank Indonesia (BI) Banten memprediksi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Banten pada triwulan II 2021 bakal lebih tinggi dibandingkan triwulan I 2021.

"Pada dasarnya terdapat lima kunci sukses untuk meningkatkan perkembangan ekonomi Banten," ujar Kepala Perwakilan BI Banten Erwin Soeriadimadja, Selasa (23/3/2021).

Hal itu dikatakannya dalam Banten Economic Forum Seri 1-2021 dan rilis Laporan Perekonomian Provinsi (LPP) Banten Periode Februari 2021 yang dilaksanakan secara virtual.

Baca juga: 9 Jurus Bank Indonesia Demi Mendukung Pemulihan Perekonomian Nasional

Baca juga: Kepala KPW BI Banten: Gunakan QRIS Bank Indonesia, Sistem Pembayaran Digital Terintegrasi

Narasumber kegiatan yang digelar BI Banten itu adalah Direktur Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian Ignatius Warsito dan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Banten Ade rohman.

Selain itu, juga akademisi ekonomi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Dr Hady Sutjipto dan Ketua Asosiasi Persepatuan Indonesia Firman Bakrie.

Menurut Erwin, lima kunci sukses itu adalah program vaksinasi yang sudah dimulai pada awal 2021 dan dapat meningkatkan herd community.

Progres vaksinasi yang berjalan lancar akan mendorong konsumsi rumah tangga meningkat. 

Investasi yang benar oleh swasta dan pemerintah, serta membaiknya kinerja ekspor-impor antardaerah dan luar negeri juga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Banten.

“Selain itu, hal tersebut juga didukung oleh percepatan realisasi APBD, dukungan perbankan, dan lembaga pembiayan untuk sektor mikro dan makro, serta digitalisasi ekonomi,” ucap Erwin.

Di sisi penawaran, sejumlah lapangan usaha utama diperkirakan akan tumbuh meningkat seperti industri pengolahan, pertanian, perdagangan, akomodasi dan makan minum, serta transportasi dan pergudangan.

Peningkatan pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten tersebut akan memberikan dampak pada peningkatan tekanan inflasi pada 2021. 

Meski demikian, inflasi Provinsi Banten 2021 diperkirakan masih akan sejalan dengan target pemerintah yaitu di kisaran 3,0±1% (yoy). 

Penulis: Amanda Putri Kirana
Editor: Agung Yulianto Wibowo
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved