Breaking News:

Ramadan 2021

Salat Tarawih Pertama di Masjid di Pandeglang, Jemaah Tak Pakai Masker Maupun Jaga Jarak 1 Meter

Menurutnya, jika situasi seperti ini terus terjadi selama bulan Ramadan, dikhawatirkan akan muncul klaster baru Covid-19 dari pelaksanaan Salat Tarawi

TribunBanten.com/Marteen Ronaldo Pakpahan
Suasana pelaksanaan Salat Tarawih pertama Ramadan 1442 Hijriah di Masjid At-Taqwa, Desa Jajawai, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (12/4/2021) malam. 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, PANDEGLANG - Umat Muslim di Indononesia melaksanakan Salat Tarawih pertama pada Senin (12/4/2021) malam, setelah pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa besok, 13 April 2021.

Sebelumnya, pemerintah melalui Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 03 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 H/2021 M, menyusul masih terjadinya pandemi Covid-19.

Surat edaran Menteri Agama itu secara umum mengatur pembatasan jumlah jemaah dan penerapan protokol kesehatan secara ketat (3M: memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

Disebutkan bahwa jumlah jemaah Salat Tarawih maksimal 50 persen dari kapasitas jemaah di masjid/musala dan harus menjaga jarak aman 1 meter antarjamaah, dan setiap jamaah membawa sajadah dan mukena masing-masing.

Suasana pelaksanaan Salat Tarawih pertama Ramadan 1442 Hijriah di Masjid At-Taqwa, Desa Jajawai, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (12/4/2021) malam.
Suasana pelaksanaan Salat Tarawih pertama Ramadan 1442 Hijriah di Masjid At-Taqwa, Desa Jajawai, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (12/4/2021) malam. (TribunBanten.com/Marteen Ronaldo Pakpahan)

  

Kegiatan ibadah Salat Tarawih di antaranya digelar di Masjid At-Taqwa yang berada di Desa Jajawai, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten pada pukul 19.40 WIB.

Ibadah Salat Tarawih pertama di masjid tersebut berjalan dengan tertib dan khitmad.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan Jatuh pada Selasa 13 April 2021

Baca juga: Hilal Awal Ramadan 1442 H Tak Terlihat di Mercusuar Cikoneng Banten

Sekitar 100 jemaah laki-laki dan wanita mengikuti Salat Tarawih di masjid tersebut. Jemaah laki-laki berada di bagian depan, sementara jemaah wanita di bagian belakang.

Namun pantauan TribunBanten.com, sebagian besar jemaah yang mengikuti Salat Tarawih di masjid tersebut tidak menerapkan protokol kesehatan Covid-19 maupun surat edaran Menteri Agama.

Halaman
12
Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved