Breaking News:

Inflasi di Banten Naik Hingga 0,17 Persen pada April 2021, Ini Penyebabnya

Untuk cabe merah dan cabe rawit sudah menunjukan indikasi terjadinya penurunan harga, meskipun masih stabil di tingkat yang cukup mahal.

Tangkap layar Youtube
Grafis laju inflasi di Provinsi Banten pada April 2021 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Amanda Putri Kirana

TRIBUNBANTEN.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten melnsir inflasi di Provinsi Banten pada April 2021 mengalami kenaikan yang cukup signifikan dibandingkan bulan sebelumnya. 

Tercatat, terjadi inflasi sebesar 0,17 persen pada April 2021, sedangkan pada Maret 2021 hanya terjadi inflasi sebesar 0,05 persen.

“Hal ini mungkin disebabkan oleh pola konsumsi masyarakat sudah mengalami perbaikan selama bulan Ramadan dan menjelang Ramadan,” ujar Kepala BPS Provinsi Banten Adhi Wirlana melalui rilis Youtube Berita Resmi Statistik BPS, Senin (3/5/2021).

Secara umum, peningkatan infalsi di Banten lebih tinggi dibandingkan dengan inflasi nasional yang hanya menduduki angka 0,13 persen. 

Baca juga: BPS Catat Laju Inflasi di Banten Relatif Stabil pada Maret 2021

Inflasi relatif terjadi di tiga kota, dengan Kota Cilegon yang masih mengalami peningkatan tertinggi sebesar 0,22 persen.

Kemudian diikuti oleh Kota Serang sebesar 0,19 persen dan Kota Tangerang sebesar 0,19 persen.

Berdasarkan kode komoditas, Inflasi April 2021 di Banten paling banyak dipengaruhi oleh kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 0,49 persen dan andil inflasi 0,13 persen.

Kata Adhi, ada beberapa harga yang mengalami kenaikan, seperti daging ayam ras sebesar 3,43 persen, rokok kretek filter sebesar 2,32 persen, buah melon sebesar 14,34 persen. 

Untuk cabe merah dan cabe rawit sudah menunjukan indikasi terjadinya penurunan harga, meskipun masih stabil di tingkat yang cukup mahal.

Halaman
12
Penulis: Amanda Putri Kirana
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved