Breaking News:

Hari Buku Nasional, Banten Peringkat ke-9 Indeks Kegemaran Membaca se-Indonesia

Banten menempati urutan ke-9 se-Indonesia dalam Indeks Kegemaran Membaca, dengan perolehan angka 58,77.

istimewa
Diskusi yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional yang digelar di Gedung Perpusda Banten, Selasa (18/5/2021). 

TRIBUNBANTEN.COM - Banten menempati urutan ke-9 se-Indonesia dalam Indeks Kegemaran Membaca, dengan perolehan angka 58,77.

Hasil itu berdasarkan penelitian Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Tahun 2020.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten Usman Asshidiqi Qohara.

Baca juga: Ditunjuk Jadi Duta Baca Indonesia, Gol A Gong: Saya Hanya Rakyat Biasa, Minta Dukungan Warga Banten

Baca juga: Hadiknas, Ini Kata Duta Baca Indonesia Gol A Gong tentang Pendidikan di Banten

Berdasarkan penelitian itu, diketahui Indeks Kegemaran Membaca Nasional ada di angka 55,74, artinya Provinsi Banten berhasil memiliki IKM diatas rata-rata nasional.

Sementara itu untuk Indeks Pembangunan Literasi (IPL), Pemerintah Provinsi Banten harus masih bekerja keras karena faktanya masih berada di urutan 5 (lima) terbawah nasional dengan angka 8,90.

Hal yang mempengaruhi rendahnya IPL tersebut yakni ketercukupan tenaga perpustakaan, perpustakaan berstandar nasional dan koleksi buku perpustakaan.

Usman juga mengatakan, dimasa pandemi covid-19 DPK akan terus berusaha memberikan layanan yang dapat dijangkau oleh masyarakat, serta inovasi-inovasi lainnya semisal dengan memaksimalkan penggunaaan platform-platform digital.

"Mudah-mudahan kedepan kita bisa membuka layanan tertutup, yaitu masyarakat bisa meminjam secara online tanpa membaca di perpustakaan, sekarang sedang kami coba formulasikan mekanismenya" kata Usman, dalam diskusi yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional yang digelar di Gedung Perpusda Banten, Selasa (18/5/2021).

Baca juga: Tingkatkan Minat Baca Warga, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Serang Lakukan Cara Ini

Baca juga: Gratis! Akses 150 Buku dan Komputer Pojok Baca Digital di RSUD Cilegon, Helldy: Sangat Bermanfaat

Sementara itu, Kepala DPK Kota Serang Wahyu Nur Jamil mengatakan, dibutuhkan sinergi seluruh stakeholder dalam mengembangkan minat baca masyarakat di Banten.

"Sinergi antar stakeholder, khusunya institusi pemerintah yang terkait dengan pengembangan sumberdaya manusia, sangat penting dilakukan, dengan mengesampingkan ego sektoral" kata Wahyu

Gol A Gong yang juga menjadi salah satu pemateri diskusi berharap, dengan keterpilihan dia sebagai Duta Baca Nasional diharapkan mampu memberi pengaruh positif terhadap perkembangan literasi masyarakat Banten.

Editor: Glery Lazuardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved