Breaking News:

Kabar Gembira, Warga Cilegon Bisa Kuliah di 4 Perguruan Tinggi Ini dengan Beasiswa KCS

Dinas Pendidikan Kota Cilegon pun telah menandatangani kerja sama beasiswa tersebut dengan empat perguruan tinggi yang ada di Banten.

Penulis: Khairul Ma'arif | Editor: Abdul Qodir
Thinkstock via TribunnewsBogor.com
Ilustrasi wisuda perguruan tinggi dan beasiswa 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Khairul Ma'arif

TRIBUNBANTEN.COM, CILEGON - Program Kartu Cilegon Sejahtera (KCS) dari Pemerintah Kota Cilegon tengah dalam tahap finalisasi data penerima.

Salah satu manfaat KCS tersebut adalah adanya beasiswa kuliah bagi warga memenuhi syarat.

Dinas Pendidikan Kota Cilegon pun telah menandatangani kerja sama beasiswa tersebut dengan empat perguruan tinggi yang ada di Banten.

Empat perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Universitas Al-Khairiyah, dan STTIKOM Insan Unggul.

"Keempat kampus tersebut sudah melakukan MoU dengan kita, rencananya realisasinya pada Desember 2021," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon, Ismatullah kepada wartawan di kantor Wali Kota Cilegon, Jumat (18/6/2021).

Baca juga: Helldy akan Jadikan Industri di Kota Cilegon Sebagai Bapak Asuh, Target 14 Ribu Pekerja Magang

Baca juga: Soroti Program Magang Kerja, Anggota DPRD Banten: Bukan Solusi, Helldy Hanya Penuhi Janji Kampanye

Saat ini, kuota mahasiswa penerima dan nilai dana beasiswa dalam proses pembahasan.

"Anggarannya ada di Kabag Kesra, nanti akan dipindahkan ke Dinas Pendidikan. Kami belum tahu nominal perguruan tinggi berapa, semua tergantung perguruan tinggi memberikan nominalnya berapa," tuturnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon, Ismatullah di kantor Wali Kota Cilegon, Jumat (18/6/2021).
Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon, Ismatullah di kantor Wali Kota Cilegon, Jumat (18/6/2021). (TribunBanten.com/Khairul Ma'arif)

Adapun syarat penerima beasiswa KCS di empat perguruan tinggi itu yakni warga Kota Cilegon yang dibuktikan Kartu Keluarga dan KTP dan berstatus sebaagi keluarga miskin atau mahasiswa berprestasi.

Rencananya, penerima beasiswa KCS yang memenuhi persyaratan dapat ditetapkan sebagai mahasiswa baru pada tahun akademik 2021/2022. 

Baca juga: Helldy-Sanuji Janjikan Program untuk Serap 25 Ribu Pekerja di Cilegon, Soroti Makanan Ringan Kipang

"Nanti dibuka September, data diajukan dan diverifikasi, terakhir dibuat SK-nya. Nanti dananya kami bayar di anggaran (APBD) perubahan. Jadi, tinggal terserap atau tidaknya dilihat dari jumlah mahasiswa Cilegon," terangnya.

Diketahui, Kartu Cilegon Sejahtera (KCS) merupakan salah satu janji kampanye pasangan Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta saat Pilkada Kota Cilegon 2020.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved