Breaking News:

Virus Corona di Banten

Kodim 0623/Cilegon Salurkan Obat Gratis ke 137 Warga Isoman Kurang Mampu

Menurutnya, rujukan dari dokter puskesmas ini sangat penting agar penyaluran obat gratis tepat sasaran dan adanya pengawasan dari sisi medis. 

Penulis: Khairul Ma'arif | Editor: Abdul Qodir
Dok. Kodim 0623/Cilegon
Anggota Kodim 0623/Cilegon menyalurkan obat gratis kepada pasien Covid-19 kurang mampu yang menjalani isolasi mandiri di rumah di wilayah Cilegon pada 17 sampai 19 Juli 2021. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Khairul Ma'arif

TRIBUNBANTEN.COM, CILEGON - Kodim 0623/Cilegon telah menyalurkan obat gratis kepada 137 pasien Covid-19 kurang mampu yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Para penerima merupakan rujukan dari puskesmas.

Komandan Kodim 0623/Cilegon, Letkol (Inf) Ageng Wahyu Romadhon mengatakan penyaluran obat gratis ini sudah dilakukan sejak 17 sampai 19 Juli 2021.

"Sudah kami salurkan tentunya sesuai rujukan dokter puskesmas dan untuk mereka warga kurang mampu," ujar Ageng melalui pesan singkat, Rabu (21/7/2021).

Baca juga: Banten Terima 1.060 Paket Obat Gratis untuk Pasien Covid-19 yang Isolasi Mandiri

Menurutnya, rujukan dari dokter puskesmas ini sangat penting agar penyaluran obat gratis tepat sasaran dan adanya pengawasan dari sisi medis. 

"Takutnya nanti jika tanpa rujukan pasien punya penyakit bawaan tetapi malah ada efek samping dari obat yang diberikan, tentunya ini tidak kami inginkan," tambahnya.

Sementara itu, Pasilog Kodim 0623/Cilegon Kapten CBA, Khoerudin mengatakan ada tiga jenis paket obat gratis untuk pasien Covid-19 dari pemerintah pusat.

Paket 1 terdiri dari berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh warga dengan hasil PCR positif, namun tidak memiliki gejala Covid-19 alias orang tanpa gejala (OTG).

Baca juga: Satgas Covid-19 Beberkan Penyebab Utama Pandeglang Mendadak Zona Merah

Paket 2 untuk pasien isoman yang memiliki keluhan panas dan kehilangan penciuman disertai dengan hasil tes PCR positif. Paket kedua ini berisi vitamin dan obat, untuk mendapatkannya masyarakat membutuhkan konsultasi dan resep dokter khususnya dari puskesmas.

Dan paket 3 juga berisikan obat dan vitamin serta harus disertai dengan konsultasi serta resep dari dokter. Perbedaannya, bantuan ini ditujukan bagi pasien isoman denga PCR positif yang mengalami keluhan panas dan batuk kering.

Kedua paket sama-sama berisi enam jenis obat dan vitamin untuk warga yang menajalani isolasi mandiri.

Baca juga: Daftar Wilayah yang Diberlakukan PPKM Level 3 dan 4 di Jawa-Bali

Menurutnya, penyaluran obat ini akan terus berlanjut jika ada rujukan yang diterima Koramil di wilayah Kodim 0623/Cilegon.

"Setiap koramil nanti yang akan menjadi garda terdepan penyaluran obat gratis ini agar tepat sasaran," tandasnya.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved