Breaking News:

Catat! Subsidi Gaji Bagi Pekerja Terdampak PPKM Level 4, Ini Syarat dan Besarannya

Para pekerja terdampak pandemi Covid-19 akan menerima bantuan subsidi upah atau gaji.

Editor: Glery Lazuardi
hai.grid.id
Ilustrasi subsidi gaji 

TRIBUNBANTEN.COM - Para pekerja terdampak pandemi Covid-19 akan menerima bantuan subsidi upah atau gaji.

Kebijakan itu diambil sebagai respon atas penurunan aktivitas masyarakat yang berdampak pada daya beli pekerja maupun buruh selama penerapan PPKM Darurat.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan pihaknya mengusulkan untuk memberikan subsidi upah kepada pekerja yang terdampak.

"Nanti subsidi upah ini payung hukum akan kami buat dalam peraturan menteri ketenagakerjaan," kata dia, dalam konferensi pers tentang perpanjangan PPKM Darurat, Rabu (21/7/2021).

Baca juga: Dampak PPKM Darurat Diperpanjang, Pernikahan Rizky Billar dan Lesti Kejora Ditunda, Sampai Kapan?

Baca juga: Kota Cilegon Berlakukan PPKM Level 4, Helldy: Ruang Rawat Pasien Covid-19 Ditambah

Pihaknya mengusulkan bantuan pemerintah ini merupakan program stimulus yang dikoordinasikan dengan Komite PEN, Kemenkeu dan BPJS Ketenagakerjaan.

Dia menjelaskan, bantuan itu akan diperuntukkan bagi pekerja yang di rumahkan, di-PHK atau mengalami pengurangan jam kerja.

Dia mengungkapkan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar para pekerja bisa mendapatkan bantuan subsidi upah tersebut.

Syarat pertama, pekerja harus bisa membuktikan dirinya Warga Negara Indonesia (WNI) dengan memiliki nomor induk kependudukan.

"Kemudian penerima merupakan pekerja atau buruh yang menerima upah. Pekerja juga harus terdaftar sebagai peserta jaminan sosial," ungkapnya.

Selain itu, penerima bantuan subsidi upah haruslah tenaga kerja yang masih aktif sebagai peserta di BPJS Ketenagakerjaan terhitung sampai dengan Juni 2021.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved