Breaking News:

Virus Corona di Banten

Unik, Tembok Kantor Kelurahan di Cilegon Ini Digantungi Buah dan Sayuran untuk Warga Isoman

Biasanya anggota keluarga, kerabat maupun ketua RT akan mengambil donasi di Tembok Isoman untuk diserahkan ke anggota keluarga atau warga yang sedang

Penulis: Khairul Ma'arif | Editor: Abdul Qodir
Dok. Kelurahan Bendungan
Tembok Isoman, tempat untuk menitipkan makanan untuk warga yang terpapar Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri di Kantor Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Khairul Ma'arif

TRIBUNBANTEN.COM, CILEGON - Ada yang berbeda di salah satu sudut Kantor Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon, Sabtu (31/7/2021).

Yah, salah satu tembok di kantor kelurahan tersebut tergantung pisang, bayam dan lainnya.

Buah dan sayuran tersebut sengaja diletakkan tergatung di tembok bernama "Tembok Isoman" untuk membantu warga setempat yang terpapar Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri (isoman).

Lurah Bendungan, Maman Herman mengatakan memang sengaja membiarkan tembok kelurahan dijadikan sebagai tempat penitipan donasi untuk warga yang sedang menjalani isoman.

Biasanya anggota keluarga, kerabat maupun ketua RT akan mengambil donasi di Tembok Isoman untuk diserahkan ke anggota keluarga atau warga yang sedang menjalani isoman.

Baca juga: Warga Kota Tangerang yang Sedang Isoman Bisa Dapat Layanan Kesehatan lewat Aplikasi Khusus

Baca juga: Kisah Vino, Bocah 10 Tahun Jalani Isoman Tanpa Orang Tua, Ayah dan Ibunya Meninggal karena Covid-19

"Kami namakan ini Tembok Isoman. Jadi, masyarakat yang ingin menitipkan sayur atau buahan bisa. Dan masyarakat yang membutuhkan diperbolehkan untuk mengambilnya," ujarnya.

Menurutnya, Tembok Isoman ini sebagai bentuk ajakan kepedulian antar-warga Kelurahan Bendungan pada masa pandemi Covid-19.

Pemberian makanan melalui Tembok Isoman yang mudah diakses akan meringankan beban warga yang sedang menjalani isoman.

Sebelumnya, penyaluran bantuan warga dan pemerintah dilakukan dengan mendatangi satu per satu rumah warga yang menjalani isoman

"Awalnya kami memberikan sayuran dan buah ini ke setiap rumah. Tetapi, saat hari Jumat kemarin, dibuatkan Tembok Isoman ini dan Alhamdulilah banyak warga yang peduli untuk menitipkannya ke tembok ini," tambah Maman.

Baca juga: Presiden Jokowi Ungkap Alasan Indonesia Tak Bisa Lockdown: Sisi Ekonomi Pelan-pelan Harus Dijalankan

Baca juga: Tingkat Hunian Hotel di Banten Tinggal 5 Persen Akibat PPKM

Maman menuturkan buah dan sayuran yang diletakkan warga di Tembok Isoman ini berasal dari berbagai sumber. Ada yang sengaja membeli di warung atau pasar dan ada juga dari berkebun sendiri.

Menurutnya, bantuan ini jangan dilihat dari harganya, namun buah dan sayur itu menjadi dukungan moril yang dilakukan sesama warga ini.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat, makanan yng digantung di Tembok Isoman tidak hanya buah dan sayuran.

"Minggu depan, InsyaAllah ada warga yang ingin panen lele dan berniat menitipkannya di Tembok Isoman ini," tukasnya.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved