Breaking News:

Vaksinasi jadi Syarat Izin Pedagang Berjualan di Lebak, Satpol PP akan Sidak

Ia mengatakan akan ada sanksi secara tegas dan terukur bagi para pedagang yang tetap membandel tidak menjalani vaksinsasi.

TribunBanten.com/Marteen Ronaldo Pakpahan
Sejumlah pedagang mengikuti vaksinasi Covid-19 di Pasar Rangkasbitung, Jalan Sunan Kalijaga, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, pada Kamis (29/7/2021). 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Pemerintah Kabupaten Lebak kembali mengeluarkan kebijakan terkait vaksinasi Covid-19 di wilayahnya.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak mengeluarkan peraturan vaksinasi Covid-19 menjadi syarat izin berjualan pedagang di pasar.

Pedagang yang tidak dapat menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 dilarang berjualan di pasar.

"Vaksinasi ini akan menjadi keharusan dan syarat wajib para pedagang untuk berjualan. Dan ini sifatnya mengikat dan harus dilakukan," ujar Sekretarus Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak, Ona Sukmana saat dihubungi, Sabtu (31/7/2021).

Ia mengatakan akan ada sanksi secara tegas dan terukur bagi para pedagang yang tetap membandel tidak menjalani vaksinsasi.

Baca juga: Ratusan Pedagang Pasar Rangkasbitung Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

Baca juga: Vaksin di Lebak Melimpah, Tapi Baru 2 Ribu dari 120 Ribu Pelajar Ikut Vaksinasi 

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 bagi Penyandang Disabilitas Dilayani Semua Faskes dan Sentra Vaksin di Banten

Nantinya Disperindag dan Satpol PP Kabupaten Lebak akan melakukan pengecekkan ke pasar- pasar untuk penerapan kebijakan ini.

"Saat ini memang belum ada sanksi tegasnya. Namun nanti kami akan atur dan melakukan pengecekkan sertifikat vaksinasi ke setiap pedagang di Pasar Rangkasbitung," tegasnya.

Dijelaskannya, kebijakannya sebagai langkah ini sebagai bentuk antisipasi penularan Covid-19 di Kabupaten Lebak, salah satunya di pasar.

Sebab, pasar merupakan tempat banyak orang melakukan pertemuan dan interaksi.

Baca juga: Satgas Covid-19 Bagikan Masker ke Pasar-pasar di Kabupaten Serang, Upaya Tekan Angka Penularan

Baca juga: UPDATE Covid-19 Banten, Tingkat Keterisian Rumah Sakit Menurun, Ruangan ICU Jadi 84 Persen

"Pasar ini kan tempat bertemunya banyak orang, jadi sangat rawan. Makanya kami harap para pedagang dan juga pengunjung pasar untuk melakukan vaksinasi serta terus menerapkan protokol kesehatan," jelasnya.

Sebelumnya, Dinas Sosial Kabupaten Lebak juga mengeluarkan kebijakan syarat menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 bagi Penerima Keluarga Manfaat (PKM) yang akan mendapat bantuan sosial dari Kementerian Sosial.

Langkah ini untuk mengejar ketertinggalan tingkat vaksinasi Covid-19 di Lebak yang baru 8 persen dari target 1 juta orang.

"Ya betul, setiap penerima Bansos harus menunjukan sertifikat vaksin kepada petugas minimal dosis ke 1 jika ingin mencairkan bansosnya," ujarnya saat dihubungi, Jumat (30/7/2021).

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved