Breaking News:

Virus Corona

Resmi Diizinkan Kemenkes, Ini Tiga Jenis Vaksin Covid-19 yang Dipakai untuk Ibu Hamil, Ada Apa Saja?

Kementerian Kesehatan putuskan untuk mengizinkan vaksin Covid-19 kepada ibu hamil agar dapat melindungi kesehatannya.

Editor: Zuhirna Wulan Dilla
Tribun Network
Ilustrasi ibu hamil 

TRIBUNBANTEN.COM - Kementerian Kesehatan putuskan untuk mengizinkan vaksin Covid-19 kepada ibu hamil agar dapat melindungi kesehatannya.

Selain itu vaksin Covid-19 ini juga dinilai bisa menjaga kesehatan sang bayi.

Melansir Warta Kota, ibu hamil menjadi salah satu kelompok yang sangat berisiko apabila terpapar Covid-19.

Dalam beberapa waktu terakhir, dilaporkan sejumlah ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19 mengalami gejala berat bahkan meninggal dunia.

Upaya pemberian vaksinasi Covid-19 dengan sasaran ibu hamil juga telah direkomendasikan oleh Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI).

Dikutip dari laman kemkes.go.id, kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil dan Penyesuain Skrining dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 bagi Penyandang Disabilitas Dilayani Semua Faskes dan Sentra Vaksin di Banten

Surat edaran itu ditandatangani oleh Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu pada tanggal 2 Agustus 2021.

Dengan terbitnya aturan ini, Kemenkes menginstruksikan seluruh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, dan pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan yang melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Agar, segera memulai pemberian vaksinasi bagi ibu hamil, terutama di daerah dengan tingkat penularan kasus Covid-19 tinggi.

Aturan tersebut juga menjelaskanvaksinasi bagi ibu hamil masuk dalam kriteria khusus.

Warga mengikuti vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan alumni Akpol 1991 Polda Banten di Pendopo Bupati Lebak, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (28/7/2021). 
Warga mengikuti vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan alumni Akpol 1991 Polda Banten di Pendopo Bupati Lebak, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (28/7/2021).  (TribunBanten.com/Marteen Ronaldo Pakpahan)

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved