Breaking News:

Vaksinasi Warga Baduy Minim Peminat, Satgas Covid-19: Sabar, Semua Butuh Proses

Namun, tidak hanya masyarakat adat Baduy di Desa Kanekes, sejumlah warga di daerah lain di Lebak juga sulit mengikuti vaksinasi Covid-19.

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan | Editor: Abdul Qodir
TribunBanten.com/Marteen Ronaldo Pakpahan
Sejumlah warga Baduy luar berkumpul di depan rumah di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Selasa (3/8/2021). 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Lebak, Firman Rahmatullah angkat bicara atas minimnya minat masyarakat adat Baduy di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, mengikuti vaksinasi Covid-19.

Menurutnya, vaksinasi merupakan cara yang efektif dalam menekan penyebaran kasus Covid-19 di Lebak.

Namun, tidak hanya masyarakat adat Baduy di Desa Kanekes, sejumlah warga di daerah lain di Lebak juga sulit mengikuti vaksinasi Covid-19.

Menurutnya, vaksinasi untuk masyarakat adat Baduy membutuhkan proses dan waktu lebih lama.

Baca juga: 37 Ribu Siswa di Kab Serang Ditarget Vaksinasi sebelum PTM, Tapi Masih Ada Ortu Keberatan

"Intinya harus sabar, karena semua butuh proses yang panjang, tidak bisa kita paksakan dan harus segera hari ini. Butuh sosialisasi dan edukasi yang intens dari semua elemen untuk meyakinkan para warga di sana," ujarnya saat dihubungi, Sabtu (21/8/2021).

Pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Serang menargetkan memberikan vaksinasi Covid-19 kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP).
Pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Serang menargetkan memberikan vaksinasi Covid-19 kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP). (TRIBUNBANTEN/AHMADTAJUDIN)

Firman pun menerangkan pihak puskesmas, kecamatan, polsek hingga korem di Lebak terus berusaha memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada warga Baduy Luar agar bersedia mengikuti vaksinasi.

Baca juga: Hingga Sabtu ini, Masyarakat Baduy Enggan Suntik Vaksin Covid-19, Kepala Puskesmas: Perlu Kesabaran

Ia juga berharap media massa agar tidak membesar-besarkan kasus pertama Covid-19 yang terjadi pada masyarakat Baduy.

Menurutnya, sebagai sumber informasi kepada masyarakat, media massa juga bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam rangka mengedukasi warga tentang vaksinasi Covid-19 ini.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved