Breaking News:

5 Personel Polda Banten Jalankan Misi Perdamaian di Afrika, Kemampuan Intelijen hingga Jinakkan Bom

Mereka bergabung dalam Kontingen Satgas Garuda Bhayangkara Formed Police Unit

Editor: Agung Yulianto Wibowo
dokumentasi Polda Banten
Lima personel terbaik Polda Banten dipercaya untuk mengemban misi perdamaian dunia di bawah organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations (UN). 

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Lima personel terbaik Polda Banten dipercaya untuk mengemban misi perdamaian dunia di bawah organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations (UN).

Mereka bergabung dalam Kontingen Satgas Garuda Bhayangkara Formed Police Unit (FPU) 2 Minusca di Bangui, Afrika Tengah.

Lima personel itu adalah Aipda Budi Kurniawan (Sat Brimob Polda Banten), Bripka Triyantoro (Sat Brimob Polda Banten), Bripka Agung Waliadi Irawan (Sat Brimob Polda Banten), Brigadir Dwi Suryono (Polres Lebak), dan Iis Mulyani (Ditreskrimsus Polda Banten).

FPU Indonesia mempunyai tugas dan wewenang sesuai mandat pada misi PBB.

Baca juga: Ditlantas Polda Banten Operasikan 2 Layanan SIM Keliling, Ini Jadwal Senin-Sabtu, Syarat, dan Biaya

Adapun tiga tugas utama FPU adalah melindungi personel dan fasilitas PBB, manajemen ketertiban umum, serta mendukung kegiatan operasi kepolisian di daerah misi.

FPU Garuda Bhayangkara Indonesia memiliki kemampuan seperti penanggulangan huru-hara, search and rescue (SAR), penjinakan bom, investigasi, intelijen, kontra-teroris, perlindungan very very important person (VVIP), penembak jitu, komunikasi elektronik, mekanik, dan memasak.

Saat dihubungi melalui telepon, Aipda Budi Kurniawan merasa senang dapat mewakili Polda Banten dalam menjalankan misi perdamaian di Afrika Tengah.

Baca juga: Profil Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga, Membongkar Eksploitasi Manusia di Tangerang

"Alhamdulillah, saya merasa senang dan bangga bisa menjadi satu di antara personel Polda Banten yang bisa bergabung dalam pasukan polisi perdamaian di Afrika Tengah ini," ucapnya lewat rilis yang diterima TribunBanten.com, Kamis (26/8/2021).

Ia mengaku banyak mendapatkan pengalaman baru selama bertugas menjadi pasukan perdamaian di Afrika Tengah.

"Saya dapat melihat kinerja dari pasukan army dan polisi negara lain yang bergabung di misi PBB ini. Sehingga ini menjadi pengalaman terbaik saya yang tidak akan pernah saya lupakan," katanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved