Breaking News:

Didatangi Tim Penilai Anugerah Desa Wisata, Desa Cikolelet Berpotensi Jadi Desa Wisata Mandiri

Dari 50 besar desa wisata terbaik yang terpilih se-Indonesia, satu di antaranya berada di Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang.

Penulis: desi purnamasari | Editor: Yudhi Maulana A
dokumentasi Disporapar Kabupaten Serang
Desa Cikolelet di Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, masuk peringkat 50 besar Desa Wisata Bangkit Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang digelar Kemenparekraf. 

TRIBUNBANTEN.COM - Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar Lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI tahun 2021.

Dari 50 besar desa wisata terbaik yang terpilih se-Indonesia, satu di antaranya berada di Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang.

Dewan Juri I Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), Doto Yogantoro mengatakan, dari 50 besar akan diambil untuk perklasifikasinya.

 “Saya belum lihat semua wisata di Desa Cikolelet berkembang atau maju,”ujarnya sesaat sebelum meninjau di Desa Cikolelet pada Jum,at, 1 Okotber 2021, dalam siaran pers yang diterima TribunBanten.com.

Dari 50 besar desa wisata yang sudah terpilih bukan di pilih menjadi sepuluh (10) besar, namun terbagi tiga kelas meliputi kelas rintisan, kelas berkembang, dan kelas maju.

Baca juga: Desa Cikolelet Kabupaten Serang Masuk Peringkat 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

“Itu masing-masing punya pemenang sendiri, karena klasifikasinya beda. Kami ke lapangan menilai, mencatat dari tiga kelas itu kita punya pemenang masing-masing,”kata Doto.

Akan tetapi, lanjut Doto, selain pemenang itu nanti pihaknya juga akan memunculkan pemenang dari tujuh kategori yang dinilai.

Di antaranya, kesatu daya tarik, kedua home stay, ketiga toilet, keempat fesyen, kuliner dan kerajinan, kelima penerapan protokol kesehatan covid-19 wajib, keenam konten kreatif di media sosial baik instagram, facebook, youtube dan lainnya, dan sarana digitalnya seperti website. 

“Itu ada tujuh (7) kategori diambil masing-amsing dari tujuh ada pemenangnya juga, jadi mungkin Desa Cikolelet ini bisa menjadi terbaik di kelasnya, bisa juga menjadi salah satu yang memiliki kekuatan misalnya home stay, itu nanti di ambil,”terangnya.

Baca juga: Geliat Wisata Desa Cikolelet, Bermain Air di Curug Hingga Nikmati Kopi Hasil Perkebunan Warga

Doto Yogantoro berharap, kedepannya penyebarannya dari 50 desa wisata terbaik yang terpilih untuk masing-masing desa memiliki kekuatan dari kelasnya masing-masing.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved