Breaking News:

Warna Air Sungai Cisadane Berubah Merah Darah, Berikut Hasil Temuan Sementara Polisi

Pihak Pemerintah Kota Tangerang Selatan dan Polri mengambil sampel air dan cairan limbah di Sungai Cisadane, Serpong.

Editor: Glery Lazuardi
Istimewa/ wartakotalive.com
Sungai Cisadane di kawasan Kavling Serpong, Tangerang Selatan yang mendadak berubah merah. 

TRIBUNBANTEN.COM - Pihak Pemerintah Kota Tangerang Selatan dan Polri mengambil sampel air dan cairan limbah di Sungai Cisadane, Serpong.

Upaya itu dilakukan menindaklanjuti beredarnya video viral memperlihatkan Sungai Cisadane diduga tercemar cairan limbah berwarna merah.

Cairan berwarna merah itu diduga limbah yang mencemari Sungai Cisadane itu disebut berasal dari pabrik pengolahan sampah plastik.

"Tim LH sudah mengambil sampel baik di air sungai maupun zat pewarna yang dibuang untuk dianalisa Laboratorium," Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Tangerang Selatan, Budi saat dikonfirmasi, Senin (4/10/2021).

Baca juga: Heboh Sungai Cisadane Berubah Merah Darah, Diduga Ini Penyebabnya

Baca juga: Sungai Cisadane Berubah Warna Menjadi Merah, Diduga Limbah Pengolahan Sampah Plastik

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Tangerang Selatan (Tangsel) AKP Angga Surya Saputra mengatakan, pihaknya sudah mendatangi tempat pengolahan sampah plastik yang berada di tepi Sungai Cisadane itu.

Polisi meminta keterangan pengolah sampah plastik dan sejumlah warga di sekitar lokasi terkait dugaan pencemaran sungai yang videonya viral di media sosial.

"Kami sedang melakukan penyelidikan beberapa orang akan kami mintai keterangan dalam rangka klarifikasi penyelidikan," kata Angga kepada wartawan, Senin (4/10/2021).

Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, ujar Angga, pengolah sampah mengaku bahwa cairan berwarna merah itu bukan berasal dari penggunaan zat kimia.

Tempat pengolahan itu menyebutkan, cairan itu berasal dari proses pencucian sampah plastik yang didapatkan dari para pengepul.

"Warna merah berasal dari sampah yang diambil dari luar pengepul. Jadi, bukan mereka menyiapkan adonan atau bahan kimia yang menyebabkan warna merah," kata Angga.

"Tetapi, berasal dari sumber sampah, tapi kami akan lakukan penyelidikan itu dulu ya," sambungnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi Selidiki Dugaan Pencemaran Sungai Cisadane oleh Pabrik Pengolahan Plastik di Serpong"

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi dan Pemkot Tangsel Ambil Sampel Air di Sungai Cisadane, Selidiki Dugaan Pencemaran Limbah"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved