Breaking News:

Kronologi Keracunan Massal di Tangerang, Bermula Santap Nasi Kotak Hajatan Pernikahan

Lurah Larangan Utara, Iwan Subekti mengungkapkan penyebab 13 warga mengalami keracunan usai makan di acara pernikahan, pada Sabtu (9/10/2021).

Editor: Glery Lazuardi
nurhayati/bangkapos.com
Ilustrasi keracunan 

TRIBUNBANTEN.COM - Lurah Larangan Utara, Iwan Subekti mengungkapkan penyebab 13 warga mengalami keracunan usai makan di acara pernikahan, pada Sabtu (9/10/2021).

Belasan warga itu keracunan setelah mengonsumsi makanan yang bahan racikan dibeli di Pasar Lembang, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang.

Subekti menduga salah satu racikan dari makanan itu sudah kedaluwarsa.

"Dugaannya dari bumbu yang kedaluwarsa. Kan racikan itu beli di Pasar Lembang," ungkap Iwan dalam rekaman suara yang diterima, Minggu (10/10/2021).

Baca juga: Diduga Keracunan Nasi Kotak Takziyah, Bocah 8 Tahun Meninggal Dunia, Puluhan Warga Lainnya Dirawat

Baca juga: 83 Warga Keracunan Nasi Berkat di Acara Pengajian, 2 Orang Meninggal Dunia, Ini Kata Polisi

Sampai saat ini, pihaknya masih menunggu pemeriksaan yang dilakukan kepolisian terhadap sampel makanan yang dikonsumsi 13 orang itu.

"Puskesmas, kemarin sore, membawa sampel makanannya ke Polsek. Saya belum tau hasilnya," tutur Iwan.

Iwan mengungkapkan, peristiwa tersebut bermula saat ada warga yang menggelar pernikahan di Gang Gaga, Kelurahan Larangan Utara, pada Sabtu pagi.

Kemudian, adik mempelai berinisial L membuat makanan dan membagikannya ke tetangga setempat sebagai bentuk rasa syukur atas pernikahan itu.

"Dia (L) masak sendiri. Masak mie, sama ayam, dan sop, dibikin 30 boks," katanya.

Dari 30 boks tersebut, dua di antaranya dikonsumsi sendiri oleh keluarga L, sedangkan 28 boks sisanya dibagikan ke tetangga sekitar.

Pada Sabtu siang, sebanyak 13 orang, di dalamnya termasuk anak-anak, yang mengonsumsi makanan tersebut merasa mual-mual.

Tiga di antaranya kemudian dilarikan ke Puskesmas terdekat dan 10 orang sisanya diangkut ke salah satu RS swasta di Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang.

Usai dirawat, pada Sabtu sekira pukul 19.00 WIB, mereka dipulangkan dan diberi obat. "Sudah clear jam 19.00 WIB kemarin (Sabtu) malam. Enggak sampai dirawat. Sudah dikasih obat," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul 13 Warga Tangerang Keracunan Makanan Hajatan Nikah, Sempat Dilarikan ke Puskesmas dan Rumah Sakit

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved