Breaking News:

Termasuk Banten, 12 Daerah Berpotensi Alami Banjir Bandang

Terdapat 12 daerah di Indonesia yang berpotensi mengalami banjir hingga banjir bandang yang dapat digolongkan dalam kategori siaga.

Editor: Glery Lazuardi
istimewa
Banjir bandang menerjang Kota Batu dan Kota Malang, Jawa Timur, setelah hujan intesitas tinggi mengguyur wilayah hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas, pada Kamis (4/11/2021) pukul 14.00 WIB. 

TRIBUNBANTEN.COM - Terdapat 12 daerah di Indonesia yang berpotensi mengalami banjir hingga banjir bandang yang dapat digolongkan dalam kategori siaga.

Informasi itu disampaikan Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Miming Saepudin.

Baca juga: Hasil Investigasi soal Acara Miss Waria Banten 2021: Polres Serang Temukan Fakta Ini

Untuk periode tiga hari ke depan, berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak, sebanyak 12 daerah berpotensi banjir.

Yaitu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat.

Lalu, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah.

Miming Saepudin mengatakan potensi hujan sedang hingga lebatnya masih cukup tinggi untuk sepekan ke depan.

"Bila spesifik, ada beberapa daerah yang cukup rentan di mana ada cuaca ekstrem akan berdampak pada bencana,” kata dia, pada Jumat (5/11/2021).

Banjir dan banjir bandang yang masuk dalam kategori siaga tersebut diprediksi akan terjadi karena kondisi cuaca di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari terakhir menunjukkan peningkatan.

Peningkatan cuaca itu diduga dipicu oleh aktifnya dinamika atmosfer skala global La Nina yang menyebabkan kondisi atmosfer di wilayah Indonesia relatif menjadi lebih basah.

Menurut Miming, kondisi dinamika atmosfer skala lokal yang tidak stabil dengan potensi konvektifitas yang cukup tinggi, berkontribusi pada pembentukan awan hujan yang menjadi faktor pemicu cuaca ekstrem.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved