Breaking News:

Kota Tangerang

Tuntut UMK 2021 Naik Sebanyak 13,5 Persen, Ratusan Buruh Gelar Unjuk Rasa di Kantor Pemkot Tangerang

Ratusan buruh menggelar aksi unjuk rasa terkait kenaikan UMP 2021 di Kota Tangerang.

TribunBanten.com/Ahmad Tajudin
Serikat buruh se-Provinsi Banten kembali menggelar aksi unjuk rasa di depan Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) pada Rabu (10/11/2021). 

TRIBUNBANTEN.COM - Ratusan buruh menggelar aksi unjuk rasa terkait kenaikan UMP 2021 di Kota Tangerang.

Melansir Tribun Jakarta, para buruh itu tergabung dalam Aliansi Buruh Banten Bersatu menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Kamis (18/11/2021).

Demonstrasi dilakukan para buruh secara serentak di 8 wilayah Kabupaten/Kota Provinsi Banten.

Baca juga: Buruh Gelar Aksi Sampai 3 Kali Tuntut Kenaikan UMP dan UMK, Ini kata Kadisnakertrans Provinsi Banten

Presidium Aliansi Buruh Banten Bersatu (AB3), Dedi Sudarajat mengatakan, aksi buruh tergabung dalam beberapa elemen itu menuntut kenaikan upah sebesar 13,5 persen pada tahun 2022 mendatang. 

"Tujuan kami melakujan aksi ini untuk merekomendasikan UMK (Upah Minimum Kota/Kabupaten-Red) se-Provinsi Banten menjadi sebesar 13,5 persen pada tahun depan," kata Dedi Sudrajat, Kamis (18/11/2021).

"Upah tersebut sudah sesuai dengan survei di pasar tradisional dengan mekanisme Undang-undang No 12/2003 ketenagakerjaan," ujarnya lagi.

"Aksi ini kami lakukan serentak di 8 Kabupaten/Kota se-Banten di depan kantor wali kota dan bupati masing-masing wilayah," katanya.

Baca juga: Ribuan Buruh dan Mahasiswa Gelar Aksi Kepung Istana, Evaluasi 2 Tahun Jokowi-Maruf

Dedi menambahkan, aksi tersebut digelar pada hari ini, lantaran ketetapan UMK tahun 2022 akan diterapkan pada Selasa (30/11/2021) mendatang.

Dia berharap, pemerintah kota/kabupaten dapat merekomendasikan UMK sesuai keinginan para buruh itu ke pemerintah Provinsi Banten. 

"Saya dan buruh lainnya berharap, sisa waktu seminggu ini dapat diefektifkan oleh pemerintah tingkat dua untuk merekomendasi agar tuntutan kita dapat diterima," kata dia.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved