Breaking News:

Buruh Unras Tuntut Kenaikan Upah Minimum 26 November, Peserta Aksi dari Tangerang hingga Cilegon

Elemen buruh akan menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Pusat Pemerintahan Propinsi (KP3B) Banten, pada Jumat (26/11/2021).

Editor: Glery Lazuardi
TribunBanten.com/Ahmad Tajudin
Ribuan buruh yang tergabung dalam beberapa serikat buruh di Banten kembali melaksanakan aksi unjuk rasa di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten, Rabu (24/11/2021). 

TRIBUNBANTEN.COM - Elemen buruh akan menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Pusat Pemerintahan Propinsi (KP3B) Banten, pada Jumat (26/11/2021).

Massa aksi diperkirakan akan mengalir dari Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon.

Untuk mengamankan aksi unjuk rasa itu, Polda Banten telah menggelar rapat guna menyusun rencana pengamanan (Renpam) untuk mengamankan aksi unjuk rasa memperjuangkan kenaikan upah minimum bagi kelompok buruh.

Baca juga: 2 Calon Bertarung Berebut Posisi Ketua KONI Banten: Ada Eks Wali Kota Cilegon Edi Ariadi

Kapolda Banten, Irjen Rudy Heriyanto, menekankan enam hal

Pertama, perlu diformulakan Renpam yang komprehensif dan adaptif dengan potensi masalah yang dapat terjadi saat pelayanan aksi unjuk rasa.

Termasuk kontijensi yang dapat mengakibatkan  gangguan keamanan seperti blokade jalan tol, sweeping massa ke kawasan pabrik, aksi anakris, dan kontijensi lainnya.

“Renpam harus menjadi dasar bagi personel dalam mengelola potensi masalah ketika melayani aksi unjuk rasa,” kata Rudy, dalam keterangan yang diterima, pada Kamis (25/11/2021).

Kedua, Rudy memerintahkan dengan tegas agar personel pengamanan tidak membawa senjata api dan senantiasa melakukan pelayanan yang humanis.

Seperti membagi masker dan minuman kepada massa aksi, mengatur lalu lintas bagi pengendara jalan lainnya, memungut sampah, berkomunikasi aktif dengan massa aksi, dan pelayanan humanis lainnya.

“Hindari bentrok polisi dengan buruh, polisi harus bersabar, jangan over reaksi terhadap aksi demo buruh yang dilayani,” tegas Rudy.

Baca juga: Gelar Sekolah Lapang Iklim untuk Petani, Upaya Distan Provinsi Banten Antisipasi Dampak La Nina

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved