Breaking News:

Komisi II DPR RI: Pemilu dan Pilkada Tetap Digelar 2024

Pihak Komisi II DPR RI memastikan pemilihan umum (Pemilu) akan berlangsung pada tahun 2024

Editor: Glery Lazuardi
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi Pemilu 

TRIBUNBANTEN.COM - Pihak Komisi II DPR RI memastikan pemilihan umum (Pemilu) akan berlangsung pada tahun 2024

"Bahkan kita sudah menentukan tanggalnya untuk pilkada yaitu 27 November 2024. Terkait dengan pemilu, pilpres dan pileg itu tetap di 2024 cuma kepastian tanggal dan bulan itu belum diputuskan secara bersama-sama," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: Prediksi Pilpres 2024: Ada Dua Kandidat Kuat, Anies Disebut Bisa Kalahkan Prabowo? Ini Kata Pengamat

Pemilu 2024 merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada.

Saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum juga memutuskan tanggal penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Sikap fraksi di DPR pun terbelah menjadi dua, ada yang ingin digelar pada Februari, sementara ada yang berpendapat pelaksanaanya pada Mei 2024 mendatang.

"Jadi dari sisi waktu, itu tidak terlalu masalah. Itu kalau ditetapkan di Februari atau Mei. Ada tahapan resmi di bulan Juni kalau Februari 2024 pemilunya, tahapan bulan September kalau pemilunya di bulan Mei 2024," ujarnya.

Poltikus Partai Nasdem itu mengatakan, DPR, KPU dan pemerintah, dalam waktu dekat, akan menggelar rapat untuk memutuskan kapan waktu yang tepat pelaksanaan pilpres dan pileg nanti.

"Kalau diputuskan di masa sidang yang akan datang, tetap persiapan PKPU kan sedang dirancang, sudah beberapa kali dikonsultasikan dengan DPR, tinggal Januari. Kalau kita tetapkan Februari, tahapan mulai Juni, itu masih ada waktu," katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Lodewijk Paulus mengaku masih ada perbedaan pendapat antara partai politik terkait dengan usulan pemerintah. Hingga kini, katanya, hanya Partai Golkar dan Partai Gerindra yang sepakat Pemilu 2024 pada tanggal 15 Mei.

“Masing-masing fraksi akan menyimulasikan pelaksanaan Pemilu 2024 dengan masukan dari pemerintah. Golkar sudah simulasikan itu sehingga sepakat (Pemilu 2024 dilaksanakan) tanggal 15 Mei,” ujarnya.

Baca juga: Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur, Indonesia Butuh Sosok Seperti Jokowi di Pemilu 2024

Ke depan, Lodewijk berharap ada kesepakatan dari usulan pemerintah bahwa tanggal 15 Mei sebagai hari pemungutan suara Pemilu 2024.

“Kami harapkan ada jalan keluar terbaik supaya proses terjadinya pemilu dan pilkada tidak ada masalah,” tuturnya.

Tulisan ini sudah tayang di kompas.tv berjudul DPR Pastikan Pilpres Tetap Berlangsung di 2024

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved