Breaking News:

Virus Corona

Fakta Terbaru Varian Omicron di Indonesia: Kemungkinan Dibawa WNI dari Inggris dan AS

Omicron, varian baru Covid-19 disinyalir masuk ke Indonesia dibawa oleh Warga Negara Indonesia (WNI) dari luar negeri.

Editor: Glery Lazuardi
Instagram @info.bandarasoeta
Sejumlah penumpang pesawat antre di Bandara Soekarno Hatta. 

TRIBUNBANTEN.COM - Omicron, varian baru Covid-19 disinyalir masuk ke Indonesia dibawa oleh Warga Negara Indonesia (WNI) dari luar negeri.

Pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta itu mengungkap WNI itu baru tiba usai melakukan perjalanan dari Amerika Serikat dan Inggris.

KKP Bandara Soekarno-Hatta telah mendeteksi asal kemungkinan varian baru tersebut, sebab pada Kamis (9/12/2021) lalu.

Terdapat dua orang penumpang terkonfirmasi positif dan langsung dibawa menuju Wisma Atlet.

"Kalau melihat paparan pak Menkes, probablenya memang ada dua, yakni penumpang dari Inggris dan Amerika," ujar Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soetta, Darmawali Handoko,
saat dikonfirmasi awak media, Jumat (17/12/2021).

Baca juga: Varian Omicron Masuk Indonesia, Bupati Tangerang: Jangan Abaikan Prokes!

Dia mengungkapkan, sudah terdeteksi juga dari pemeriksaan saat terdapat dua penumpang yang positif Covid-19 saat baru tiba di Indonesia.

"Dan kemudian kita langsung melakukan pemeriksaan ulang kepada mereka dan langsung dibawa ke Wisma Atlet untuk menjalani isolasi," ujarnya.

Darmawali mengaku tidak dapat mengetahui hasil dari pemeriksaan itu apakah merupakan varian Omicron atau tidak, lantaran sampel yang diambil dari kedua penumpang langsung dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kesehatan milik Kemenkes.

"Dan (hasil varian,-red) itu baru diketahui berdasarkan genom sequencing atau penelitian sampel yang dilakukan Balitbang Kesehatan," kata dia.

Menanggapi temuan tersebut, Darmawali menegaskan akan memperketat pengawasan terhadap penumpang yang baru tiba dari penerbangan luar negeri, baik WNI ataupun WNA.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved