Breaking News:

Kriteria Penerima Vaksin Booster di Kabupaten Serang

Program vaksinasi booster atau dosis ketiga vaksin Covid-19 di Kabupaten Serang, Berikut Kriteria Penerima Vaksin Booster di Kabupaten Serang

Penulis: desi purnamasari | Editor: Ahmad Haris
Tribunnews/Jeprima
Tampak pada gambar vaksin Covid-19 Moderna yang akan menjadi dosis ketiga atau vaksin booster dan jarum suntik bagi tenaga kesehatan di Puskesmas Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Senin (9/8/2021). Penyuntikan dosis ketiga itu dimaksudkan untuk memberikan proteksi tambahan kepada petugas kesehatan, terutama bagi yang merawat pasien Covid-19. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, KABUPATEN SERANG - Program vaksinasi booster atau dosis ketiga vaksin Covid-19 di Kabupaten Serang sudah dimulai sejak Rabu (12/1/2022).

Vaksin Booster ini diberikan secara gratis.

Namun ada beberapa syarat penerima vaksin booster yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Presiden Jokowi Imbau Masyarakat Hindari Keramaian dan Anjurkan WFH, Imbas Omicron Terus Meningkat

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi mengatakan, bahwa vaksin booster akan difokuskan kepada lansia, serta pelayanan publik karena mereka masuk dalam kelompok rentan.

Adapun kriteria yang harus dipenuhi kabupaten/kota, adalah minimal 70 persen penduduk sudah mendapat vaksin dosis pertama, dan 60 persen penduduk sudah mendapat dosis kedua.

"Untuk saat ini memang dari kementrian kesehatan belum mentargetkan jumlah sasaran," katanya saat dikonfirmasi TribunBanten.com, Rabu (19/1/2022).

Namun, pihaknya memfokuskan lebih kepada lansia dan pelayanan publik, yang telah divaksin lengkap dosis pertama dan kedua.

"Jadi orang tersebut dapat memperoleh vaksin booster yakni berusia 18 tahun ke atas dan telah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap minimal enam bulan sebelumnya," ujarnya.

Ia pun menegaskan bahwa bila belum lengkap dua dosis, dan 6 bulan tersebut tidak boleh melakukan vaksin ke tiga atau booster.

Baca juga: Vaksin Booster Pakai Astrazeneca, Pfizer, dan Moderna, Ini Alasannya

"Jadi memang vaksin booster ini lebih kepada fokus seperti lansia dan juga pelayana publik yang rentan. Dan memang tidak ditargetkan," ujarnya.

Namun, Hingga kini vaksin booster atau vaksinasi tahap ketiga di Kabupaten Serang belum dapat dimulai.

Hal tersebut lantaran pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Serang masih menunggu ketersediaan vaksin dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved