Breaking News:

Virus Corona

Masa Isolasi Mandiri Dipersingkat Jadi 7 Hari, Berikut Panduannya

asien positif Covid-19 kini bisa menjalankan isolasi mandiri selama tujuh hari, apabila hasil tes PCR dari exit test di hari kelima dinyatakan negatif

Editor: Glery Lazuardi
TribunBanten.com/Nurandi
Rumah isolasi mandiri yang disiapkan Pemkab Lebak bagi pasien Covid-19, Selasa (8/2/2022). 

TRIBUNBANTEN.COM - Pasien positif Covid-19 kini bisa menjalankan isolasi mandiri selama tujuh hari, apabila hasil tes PCR dari exit test di hari kelima dinyatakan negatif.

"Iya betul, periksa PCR di hari ke 6 (H+5) negatif, maka aplikasi PeduliLindungi menjadi hijau dan pada hari ke-7 kita selesai isolasi mandiri," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi dikutip dari Kompas.com, Kamis (24/2/2022).

Baca juga: Kasus Covid-19 di Kota Tangerang Masih Tinggi, Penerapan PTM TK hingga SMP Ditunda hingga Maret 2022

Kendati begitu, lanjut Nadia, jika pasien Covid-19 tidak melakukan exit test dengan tes PCR setelah hari kelima isolasi mandiri, maka tetap melakukan isolasi mandiri selama 10 hari.

"Kalau tidak bisa tes PCR maka tunggu isolasi mandiri 10 hari," ujarnya.

Sebelumnya, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kesehatan Setiaji menjelaskan, mulai Selasa (22/2/2022), pasien Covid-19 cukup melakukan exit test dengan tes PCR satu kali.

Awalnya, pasien Covid-19 harus melakukan exit test dengan PCR sebanyak dua kali agar status hitam dalam aplikasi PeduliLindungi berubah menjadi hijau.

"Mulai malam ini, untuk exit test dengan tes PCR kedua tidak diperlukan. Jadi hanya cukup sekali saja melakukan exit test dan hasilnya harus negatif. Kalau negatif otomatis nanti langsung status PeduliLindunginya menjadi hijau," kata Setiaji dalam konferensi pers secara virtual, Selasa.

Setiaji menambahkan, jika orang yang sempat terpapar Covid-19 itu tidak melakukan tes PCR, maka status hitam pada aplikasi Pedulilindungi akan otomatis berubah menjadi hijau di hari ke-10.

Baca juga: Selama Sepekan Kasus Harian Covid-19 di Kabupaten Tangerang Terus Menurun, Ada 12.637 Pasien Isoman

Panduan Terbaru WHO

Beberapa hari sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia WHO telah menerbitkan panduan terbaru WHO yang memberi izin untuk mempersingkat durasi karantina atau isolasi mandiri, terutama bagi negara-negara yang berjuang dengan lonjakan infeksi Covid-19.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved