Breaking News:

Mudik Lebaran

Situasi Terkini Arus Balik Lebaran, Penumpukan Penumpang di Bandara Soetta dan Pelabuhan Merak

BNPB melakukan kegiatan pemantauan pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) bagi pelaku perjalanan arus balik di wilayah Banten pada Sabtu

Editor: Glery Lazuardi
(Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro)
Suasana Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kota Tangerang. Seminggu menjelang Lebaran, penumpang pesawat dari seluruh maskapai di Bandara Soekarno Hatta ini mencapai 85.000 orang per hari. 

TRIBUNBANTEN.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan kegiatan pemantauan pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) bagi pelaku perjalanan arus balik di wilayah Banten pada Sabtu (7/5/2022).

BNPB dan BPBD Provinsi Banten telah mendirikan posko pemantauan pada dua titik yakni Bandara Soekarno-Hatta dan pintu masuk Pelabuhan Merak.

Baca juga: Antrean Kendaraan Arus Balik Pemudik Mengular dari Arah Pelabuhan Merak Hingga Cikuasa Atas

Berdasarkan hasil pemantauan pada titik Bandara Soekarno-Hatta sudah terlihat ramai pada H+3 Idulfitri 1443 H.

Terminal 1 dan 2 terpantau sangat ramai pada pintu kedatangan, sedangkan terminal 3 ramai pada pintu keberangkatan maupun kedatangan.

"Pada titik ini, pembagian masker ditempatkan pada toilet umum untuk persediaan pengunjung yang maskernya basah atau rusak pada saat menggunakan toilet," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangannya.

Pada titik kedua, situasi kedatangan di Pelabuhan Merak terpantau ramai pada H+5 Idulfitri.

Secara umum, berdasarkan hasil laporan tiap pos bahwa tingkat kepatuhan masyarakat sendiri sudah sangat baik dalam mentaati prokes dengan presentase rata-rata diatas 80 persen.

Namun, pada titik Pelabuhan Merak masih ada masyarakat yang abai dalam penggunaan masker.

Bagi masyarakat yang masih abai, petugas menindaklanjutinya dengan mengingatkan untuk menggunakan masker, serta membagikan masker dan _handsanitizer_

Seluruh posko pemantauan pelaksanaan melakukan tugas dan fungsi utamanya untuk memastikan prokes dijalankan dengan baik selama pelaku perjalanan berada di sekitaran Pelabuhan Merak maupun Bandara Soekarno-Hatta melalui pengamatan, edukasi, sosialisasi dengan melakukan pembagian masker dan _handsanitizer_

Baca juga: Puncak Arus Balik di Bandara Soekarno-Hatta Dimulai, Penumpang Capai 131.372 Orang Per 6 April 2022

Sebagai informasi, kegiatan ini telah digelar sejak 26 April 2022 dan akan berakhir pada 8 Mei 2022 guna melakukan kegiatan pemantauan pelaksanaan prokes bagi pelaku perjalanan arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1433 H.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved