Breaking News:

Kemenkumham Banten

CPNS Kemenkumham Banten Ikuti Pelatihan Dasar untuk Membentuk Kepribadian dan Etika PNS

pelatihan untuk CPNS gelombang 3 angkatan 14-18 juga untuk membentuk kepribadian dan etika pegawai negeri sipil

dokumentasi Humas Kemenkumham Banten
Kadiv Administrasi Kanwil Kemenkumham Banten Sri Yusfini Yusuf didampingi Kepala Sub Bagian Kepegawaian, TU dan RT Wasis Teguh Sambodo, dan empat calon CPNS mengikuti pembukaan pelatihan dasar CPNS gelombang 3 tahun anggaran 2022 secara daring, Kamis (16/6/2022). 

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Empat calon pegawai negeri sipil (CPNS) mengikuti pelatihan dasar CPNS Gelombang 3 2022 secara daring di aula Kanwil Kemenkumham Banten, Kamis (16/6/2022).

Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Teknis dan Kepemimpinan (Kapus Tekpim), Eko Budianto, mengatakan pelatihan dasar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kebangsaan.

Selain itu, pelatihan untuk CPNS gelombang 3 angkatan 14-18 juga untuk membentuk kepribadian dan etika pegawai negeri sipil (PNS).

Baca juga: Kemenkumham Banten-BNNP Banten Setuju Bentuk Tim, Siap Bongkar Peredaran Narkoba di Rutan & Lapas

"Pengetahuan dasar juga tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara dan budaya organisasi agar mampu melaksanakan tugas dan peran sebagai aparatur sipil negara (ASN)," katanya.

Menurut Eko, kurikulum dalam pelatihan dasar, yaitu pembentukan karakter PNS dan untuk penguatan kompetensi teknis bidang tugas.

Adapun implementasinya akan dilaksanakan menggunakan metode pembelajaran jarak jauh yang menjadi tiga tahapan, di antaranya pelajaran dari secara langsung atau syncrounus dan asyncrounus selama 35 hari kerja.

Dalam tahapan ini, tetap akan mempelajari agenda orientasi, yaitu program agenda sikap perilaku bela negara, agenda nilai-nilai dasar PNS, agenda habituasi, aktualisasi diri selama 30 hari kerja, dan evaluasi aktualisasi selama 5 hari kerja.

Sebelumnya, 891 peserta telah melaksanakan proses pembelajaran mandiri melalui aplikasi atau Massive Open Online Course (MOOC) Lembaga Administrasi Negara pada 23 Mei 2022-15 Juni 2022 angkatan 14-22 sampai 22 September 2022.

Peserta dibagi dalam empat gelombang dan 23 angkatan dengan pengajar 201 orang.

Baca juga: Demi Perlindungan, Kemenkumham Dorong Pelaku Usaha Agar Mendaftarkan Sertifikat Kekayaan Intelektual

Eko berharap para peserta dapat mengikuti pembelajaran dengan sungguh-sungguh sehingga kompetensi yang dibutuhkan dapat terwujud.

Dia berpesan untuk menjaga kekompakan serta komunikasi yang baik dengan sesama peserta dan pengajar agar terbangun pembelajaran yang efektif.

"Kami berharap akan menjadi proses pembelajaran yang penuh dedikasi, karena pelatihan dasar ini hanya terjadi satu kali,” ucap Eko.

Baca juga: 20 Taruna dan Taruni Poltekip Praktik Kerja Lapangan di Kemenkumham Banten, Disambut saat Apel Pagi

Pada pembelajaran secara daring itu dihadiri Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Banten Sri Yusfini Yusuf.

Dia didampingi Kasubbag Kepegawaian, TU, dan RT Wasis Teguh Sambodo.

Pembelajaran jarak jauh atau distance learning kembali diberlakukan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM pada 2022.

Hal ini merupakan langkah atau strategi penyesuaian proses penyelenggaraan pelatihan dan pembelajaran di tengah pandemi Covid-19.

 

 

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved