Breaking News:

4.900 SBPKLU Dibangun PLN Tahun ini, Pengguna Motor Listrik Bisa Tukar Baterai Tanpa Perlu Isi Daya

Fasilitas itu demi mempermudah pengguna roda empat dan roda dua untuk mengisi daya energi

dokumentasi PLN
PLN bakal mengoperasikan 4.900 stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) pada tahun ini. PLN merencanakan pembangunan SBPKLU untuk pengguna roda dua di seluruh wilayah secara bertahap. 

TRIBUNBANTEN.COM - PLN bakal mengoperasikan 4.900 stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) pada tahun ini.

Pengoperasian itu merupakan komitmen PLN dalam mendukung operasional Grab Indonesia yang menggunakan 8.500 kendaraan listrik.

Sebagian besar kendaraan listrik itu adalah sepeda motor.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan masyarakat yang ingin menggunakan kendaraan listrik tidak perlu khawatir untuk mengisikan daya listrik jika kehabisan di jalan.

Baca juga: KTT G20, PLN Hadirkan 70 Unit SPKLU Fast Charging, Setelah Kegiatan Bisa Dimanfaatkan Masyarakat

"PLN sudah berkomitmen menyediakan fasilitas pengisian di berbagai tempat," ucapnya.

Fasilitas itu demi mempermudah pengguna roda empat dan roda dua untuk mengisi daya energi sehingga ekosistem kendaraan listrik di Indonesia semakin masif.

Pada tahun ini, PLN merencanakan pengoperasian 4.900 SBPKLU dengan prediksi 89.400 pengguna roda dua dan 59.600 pengguna baterai swap.

PLN merencanakan pembangunan SBPKLU untuk pengguna roda dua di seluruh wilayah secara bertahap.

Darmawan memastikan purna rupa atau prototype pertama SPBKLU sudah dapat digunakan di event E-mobility pada 24 Juli 2022.

"Hingga 2030 direncanakan akan mencapai 68.800 SBPKLU dengan prediksi jumlah pengguna kendaraan listrik roda dua mencapai 2,1 juta unit," ujarnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved