Breaking News:

WHO Tetapkan Cacar Monyet Darurat Kesehatan Global, Indonesia Waspadai Kedatangan Internasional

Status cacar monyet diputuskan sebagai darurat kesehatan global Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus umumkan

Editor: Glery Lazuardi
straitstime.com
Cacar monyet 

TRIBUNBANTEN.COM - Status cacar monyet diputuskan sebagai darurat kesehatan global

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengumumkam pada Sabtu 23 Juli 2022.

“Kami memiliki wabah yang telah menyebar ke seluruh dunia dengan cepat melalui mode penularan baru yang belum banyak kami ketahui,” terang Tedros seperti diberitakan Associated Press

Baca juga: Corona Belum Kelar, WHO Tetapkan Cacar Monyet sebagai Darurat Kesehatan Global

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril menyampaikan belum ada kasus monkeypox atau cacar monyet di Indonesia hingga Minggu (24/7/2022).

"Sampai sekarang Indonesia belum ada kasus," ujar Syahril pada Kompas.com, menanggapi kabar WHO yang baru saja menetapkan cacar monyet sebagai darurat kesehatan gobal per Sabtu (23/7) kemarin.

Kendati belum ada kasus, Syahril menegaskan pihaknya selalu memantau perkembangan dan penanganan kasus cacar monyet di luar negeri.

Semua itu dilakukan untuk membuat langkah pencegahan serta penanggulangan terbaik.

Sebagai langkah pencegahan, Syahril mengatakan bahwa pemerintah mesti waspada dengan pintu masuk kedatangan Indonesia dari luar negeri.

"Baik itu dari bandara maupun laut dan darat terhadap mobilisasi orang-orang dan juga hewan yang menyebabkan menularnya cacar monyet," lanjut Syahril.

Untuk diketahui, pagebluk dengan gejala demam, sakit kepala hebat, limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening), nyeri punggung, nyeri otot dan lemas tersebut sudah menular di lebih dari 70 negara.

Negara tetangga Indonesia seperti Thailand mengonfirmasi kasus cacar monyet pertama pada 18 Juli 2022.

Dilaporkan kantor berita TNA, sekitar enam hingga tujuh orang berkontak erat dengan pria berkasus cacar monyet di Phuket. Pria itu diketahui terinfeksi cacar monyet sepulang dari Nigeria.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved