Breaking News:

Pertama Dalam Sejarah, Puncak Perayaan Hari Anak Nasional 2022 di Suku Baduy

Kali pertama dalam sejarah, puncak Hari Anak Nasional (HAN) 2022 diadakan di Suku Baduy di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak.

Penulis: Nurandi | Editor: Abdul Rosid
Nurandi/TribunBanten.com
Kali pertama dalam sejarah, puncak Hari Anak Nasional (HAN) 2022 diadakan di Suku Baduy 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Nurandi

TRIBUNBNATEN.COM, LEBAK - Kali pertama dalam sejarah, puncak Hari Anak Nasional (HAN) 2022 diadakan di Suku Baduy tepatnya di Kampung Kadu Ketug, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak.

Kepala Sentra Galih Pakuan Bogor perwakilan dari Kementerian Sosial, Sari mengatakan kegiatan yang diselenggarakan merupakan bentuk kepedulian kepada anak-anak yang ada di Baduy.

"Karena anak-anak ini aset bangsa ya, jadi harus kita dampingi dan lindungi. Sesuai dengan temanya "Anak Terlindungi Indonesia Maju," katanya saat berada di Baduy, Senin (1/8/2022).

Baca juga: Kisah Pilu Titin, Warga Lebak Urusi Anaknya yang ODGJ di Rumah Rusak, Makan Andalkan Pemberian Warga

Dirinya menyebutkan kenapa memilih Baduy sebagai lokasi puncak perayaan hari anak nasional, karena anak-anak yang ada di Baduy mempunyai hak yang sama.

"Karena anak disini juga harus maju dan bisa mempunyai wawasan walau ada di pedalaman," ujarnya.

Sari juga menambahkan walaupun anak-anak Baduy merayakan HAN 2022 untuk pertama, tetapi anak-anak di Baduy tetap menjaga adat istiadatnya.

"Harapan untuk anak-anak Baduy pada perayaan hari anak nasional mereka tetap menjaga adat istiadat. Tetapi mereka tetap bisa berpikiran untuk maju ya," ujarnya.

Kementrian Sosial melalui Sentra Galih Pakuan memberikan bantuan paket sembako kepada 575 orang anak Suku Baduy Luar, Baduy Dalam, Kampung Mualaf Baduy serta anak-anak sekitar Suku Baduy.

Baca juga: Ini Tiga Trik Sulap Ala Jokowi yang Dimainkan di Hadapan Anak-anak saat Peringatan HAN 2022

Pada perayaan puncak hari anak nasional, masyarakat berkumpul meramaikan acara. Pada puncak perayaan anak-anak dari Baduy sempat berbincang dengan Menteri Sosial Tri Rismaharini melalui siaran live streaming.

Dalam akhir acara hari anak nasional, ditutup dengan penyerahan simbolis 9 akta lahir dan KIA dari Wakil Bupati Lebak ke 9 orang anak Suku Baduy selain ditutup dengan permainan tradisional dari anak-anak suku baduy.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved