Breaking News:

Harga BBM Naik, Antrean Kendaraan di SPBU Bisa Selama 20 Menit, Apa Sebabnya?

Seiring penerapan harga baru BBM Petalite, Solar, dan Pertamax oleh pemerintah, justru terlihat ada fenomena antrean BBM

Editor: Glery Lazuardi
Desi Purnamasari/TribunBanten.com
Ilustrasi antrean pembelian BBM di SPBU. Seiring penerapan harga baru BBM Petalite, Solar, dan Pertamax oleh pemerintah, justru terlihat ada fenomena antrean BBM 

TRIBUNBANTEN.COM - Seiring penerapan harga baru BBM Petalite, Solar, dan Pertamax oleh pemerintah, justru terlihat ada fenomena antrean BBM.

Situasi ini terjadi mulai sejak minggu pertama September, masyarakat mungkin masih terkena efek panic buying, waktu itu.

Dalam teori sosiologi, panic buying atau beli panik merupakan bentuk perilaku kolektif yang terjadi di masyarakat.

Perilaku yang dilakukan secara bersama-sama atau beramai-ramai ini biasanya terjadi secara tiba-tiba dan cenderung tidak sesuai norma.

Namun, hingga minggu ketiga September, antrean kendaraan yang ingin mengisi BBM di SPBU tak kunjung surut.

Baca juga: Skema Pembelian Pertalite di SPBU: Dibatasi Maksimal 120 Liter/Hari dan Daftar Mobil Boleh Konsumsi

Dwi Rahmawanto misalnya, dosen salah satu kampus di Depok ini harus mengantre hingga 10 kendaraan, saat mengisi Pertalite buat Yamaha Mio Soul di SPBU wilayah Jakarta Selatan.

“Wah antreannya panjang, masih sama seperti sebelum kenaikan. Kalau antre di Pertamax kayaknya enggak, selain harganya lebih mahal, dari awal sudah isi motor ini pakai Pertalite,” ujar Dwi.

Sementara itu, antrean kendaraan di SPBU tidak hanya terjadi di Jakarta. Faqih Hamdani, PNS yang berdomisili di Temanggung, Jawa Tengah, juga merasakan hal yang sama.

Baca juga: Harga BBM Sudah Naik, Antrean di SPBU Serang Masih Mengular

“Antre Pertalite di sini bisa 20 motor, paling enggak 10-20 menit. Antrean bisa dari pagi sampai malam. Kayaknya karena dijatah, soalnya kalau sudah jam 8 malam bilangnya habis, nanti bisa lagi jam 6 pagi. Kalau kepepet, terpaksa antre Pertamax,” ucap Faqih.

Ia bahkan harus mencari SPBU di pinggiran kota untuk mengisi Honda Vario 150 miliknya. Meskipun jauh dari tempat aktivitas, menurutnya, antrean masih masuk akal.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved