Breaking News:

Belasan Calon Orang Tua Angkat Ajukan Adopsi Bayi yang Ditemukan di Cimarga lebak, Ini Syaratnya!

Bagi Calon Orang Tua Angkat (COTA) , yang ingin menjadikan bayi di Dinsos Lebak sebagai Calon Anak Angkat (CAA), harus menempuh beberapa persyaratan.

Penulis: Nurandi | Editor: Ahmad Haris
Fé Ngô on Unsplash
Dinas Sosial atau Dinsos Lebak membuka pendaftaran adopsi bayi yang ditemukan di Kecamatan Cimarga bagi pasangan suami istri (pasutri) atau masyarakat. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Nurandi

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lebak membuka kesempata bagi masyarakat Lebak, yang mau mengadopsi bayi yang ditemukan di Jalan Raya Cimarga-Leuwidamar, Kampung Pasir Erih, Desa Sudamanik, Kecamatan Cimarga pada 1 September 2022 lalu.

Bagi Calon Orang Tua Angkat (COTA), yang ingin menjadikan bayi tersebut sebagai Calon Anak Angkat (CAA), harus menempuh beberapa persyaratan.

Di antaranya memiliki permohonan izin pengangkatan anak dari Dinsos.

Baca juga: Dinsos Lebak Buka Pendaftaran Adopsi Bayi yang Ditemukan Warga Cimarga

Lalu surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari rumah sakit resmi milik Pemerintah.

Kemudian surat keterangan tentang fungsi reproduksi COTA dari dokter spesialis, dan bebas dari penggunaan narkoba atau obat-obatan.

Hal tersebut disampaikan langsung Kasi Rehabilitasi pada Dinsos Lebak Tanti.

Ia mengatakan, tahapaan proses pendaftaran pendaftaran COTA dibuka sejak Senin (3/10/2022), hingga 7 Oktober mendatang.

"Setelah dibuka pendaftarannya, akan dilanjutkan pada tahap verifikasi data berkas dan juga home visit," katanya saat dihubungi TribunBanten.com, Selasa (4/10/2022).

Dirinya menjelaskan, Home visit adalah sebagai bahan pertimbangan dan melihat kondisi dan kesanggupan dari COTA.

"Yang mana hasil home visit tersebut akan jadi landasan kami, untuk memberikan hak asuh dengan sidang pleno keputusan COTA pada tanggal 19 Oktober, dan penyerahan bayi ditanggal 21 Oktober 2022 ," ujarnya.

Menurut Tanti, saat pertama ditemukan 1 September 2022 lalu, sudah ada belasan COTA yang ingin mengadopsi bayi dengan jenis kelamin laki-laki tersebut.

Baca juga: FAKTA Wanita di Serang Bunuh Bayi Baru Lahir Lalu Buang di Tong Sampah, Ditinggal Pacar Kabur

"Jadi saat ini sudah banyak yang menanyakan kabar bayi tersebut, karena saat pertama ditemukan banyak yang antre ingin cepat mengadopsi," katanya.

Dirinya menyampaikan, kepada calon orang tua, pada prinsipnya pengangkatan anak hanya dapat dilakukan untuk kepentingan terbaik bagi sang anak.

"Untuk calon orang tua yang ingin mengadopsi bayi berjenis kelamin laki-laki dengan berat 2,6 Kilogram ini, untuk mempersiapkan berbagai persyaratan, karena hanya calon orang tua yang siap dan memenuhi persyaratan yang akan megandopsinya," ucapnya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved