Breaking News:

Menikah dengan Kaesang Pangarep, Erina Gudono Ternyata Langkahi Kedua Kakaknya

Erina Gudono, calon mantu Presiden Joko Widodo melangkahi kakak-kakaknya untuk menikah lebih dulu dengan Kaesang Pangarep

Kolase Instagram
Erina Gudono, calon mantu Presiden Joko Widodo melangkahi kakak-kakaknya untuk menikah lebih dulu dengan Kaesang Pangarep 

TRIBUNBANTEN.COM -  Terungkap jika Erina Gudono, calon mantu Presiden Joko Widodo melangkahi kakak-kakaknya untuk menikah lebih dulu dengan Kaesang Pangarep.

Pasalnya dua kakak  Erina Gudono belum menikah, hal ini diungkapkan langsung oleh Kaesang Pangarep sebagai calon suami Erina Gudono.

Kaesang Pangarep pun memberikan ' pelangkah' untuk dua kakak  Erina Gudono, sebagaimana tradisi adat Jawa yang memberikan ' pelangkah' berupa uang, benda atau sesuatu yang berharga.

Sayangnya, Kaesang Pangarep tidak menjelaskan secara pasti 'pelangkah' yang diberikan untuk kakak-kakak Erina Gudono

Baca juga: Kaesang Pangarep Mantap Menikahi Erina Gudono Setelah Dua Bulan Jadian

Profil, agama dan latar belakang Erina Gudono, calon istri putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.
Erina Gudono, calon mantu Presiden Joko Widodo yang melangkahi kakak-kakaknya untuk menikah lebih dulu dengan Kaesang Pangarep. (Instagram)

Baca juga: Kirab Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Bakal Gunakan 28 Ekor Kuda dan 12 Kereta Kencana

"Ada ( pelangkah), enggak usah sebutin. Jet pribadi, mobil mewah, rumah 2.000 hektar, enggak, itu cuma nyebutin saja orang di luar sana, bukan saya," canda  Kaesang Pangarep saat menjawab pertanyaan awak media dalam jumpa pers usai gladi akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo, Selasa (6/12/2022) kemarin, dikutip dari Kompas.com.

Dari rencana keduanya, Kaesang dan Erina akan menjalani prosesi akad nikah di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo pada (10/12/2022).

Dalam masyarakat Jawa memang ada tradisi memberikan ' pelangkah' untuk kakak calon pengantin yang belum menikah.

Pelangkah berasal dari kata dasar langkah (Jawa) yang berarti lompat. 

Baca juga: Prosesi Siraman Kaesang dan Erina 9 Desember Nanti, Pakai 7 Sumber Mata Air Seperti Nikahan Gibran

Tradisi memberikan uang pelangkah tidak hanya dilakukan pada pernikahan adat Jawa namun juga di beberapa daerah di Indonesia seperti Betawi, Bugis dan lainnya. 

Secara garis besar, pelangkah adalah tradisi memberikan uang atau barang kepada saudara yang lebih tua karena sudah "dilangkahi" atau menikah dahulu.

Sebagian menyebut calon pengantin pria yang harus memberikan pelangkah, namun ada juga yang menyebut adiknya yang harus memberikan pelangkah.

Tradisi ini didasari karena adanya pantangan turun temurun (pamali) dari nenek moyang dalam suatu keluarga bahwa seorang adik dilarang keras untuk menikah sebelum kakak wanitanya menikah.

Di beberapa daerah ada yang harus melakukan tradisi langkahan yang dilalukan sebelum prosesi  siraman.

Baca juga: Ini Makna Prosesi Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina, Ada Tumplak Punjen dan Pasrah Tinampi

Berikut prosedur tradisi langkahan dalam pernikahan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Solo
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved