Breaking News:

Ingin Liburan saat Nataru? Pengguna Jasa Penyeberangan Merak-Bakauheni Beli Tiket Sebelum Berangkat

Direktur Jenderal Hubungan Darat Kemenhub Irjen Pol Hendro Sugiatno meminta masyarakat yang hendak menggunakan jasa penyeberangan, agar membeli tiket

Penulis: Sopian Sauri | Editor: Glery Lazuardi
TribunBanten.com/Ahmad Tajudin
Suasana penumpang saat turun dari kapal di dermaga 2 Pelabuhan Merak. Direktur Jenderal Hubungan Darat Kemenhub Irjen Pol (Purn) Hendro Sugiatno meminta masyarakat yang hendak menggunakan jasa penyeberangan, agar membeli tiket melalui aplikasi Ferizy. Dia menjelaskan, pelabuhan tidak menyediakan loket pembelian tiket. Untuk pembelian tiket, kata dia, dapat dilakukan jauh-jauh hari sebelum pemberangkatan. 

Laporan Wartawan Tribun Banten.com, Sopian Sauri

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA CILEGON - Direktur Jenderal Hubungan Darat Kemenhub Irjen Pol (Purn) Hendro Sugiatno meminta masyarakat yang hendak menggunakan jasa penyeberangan, agar membeli tiket melalui aplikasi Ferizy.

Dia menjelaskan, pelabuhan tidak menyediakan loket pembelian tiket. Untuk pembelian tiket, kata dia, dapat dilakukan jauh-jauh hari sebelum pemberangkatan.

"Jadi masyarakat yang ingin menyeberang datang ke pelabuhan sudah membawa tiket. Satu minggu sebelum pemberangkatan sudah bisa membeli tiket menggunakan aplikasi Ferizy minimal tiga hari sudah bisa mendapatkan tiket," ujarnya.

Baca juga: Jadwal Pemberangkatan Kapal Ferry Expres Pelabuhan Merak-Bakauheni Hari Ini 8 Desember 2022

Menurut dia, pembelian tiket melalui aplikasi Ferizy untuk memperlancar proses penyeberangan di Pelabuhan Merak maupun Pelabuhan Bakauhemi.

"Dengan harapan apabila masyarakat sudah mendapatkan tiket di tempat asalnya, dapat memperlancar proses penyebrangan dipelabuhan Merak maupun pelabuhan Bakauheni," ujarnya.

Pernyataan itu disampaikan saat memimpin rapat koordinasi lintas sektoral di Mall Sosoro Dermaga Eksekutif, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Rabu (7/11/2022)

Dalam rapat, hadir Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Santyabudi, Kapolda Banten Irjen Pol. Prof. Dr. Rudy Heriyanto, Kapolda Lampung Irjen Pol. Akhmad Wiyagus, perwakilan dari Kodam III/Siliwangi, Komandan Lanal Banten, Kepala SOP Banten, Direktur PT. ASDP, PT Pelindo, PT. Telkom Indonesia serta para PJU tiap Satker undangan  rakor.

Irjen Pol (Purn) Hendro Sugiatno mengatakan, tujuan rapat koordinasi lintas sektoral ini untuk memastikan kesiapan dalam mengadapi Natal dan Tahun baru 2023.

Selain itu, kesiapan bagaimana rekayasa laluintas khususnya di Pelabuhan Merak dan Bakauheni.

"Alhamdulillah hasil rapat hari ini, kesiapan kesiapan itu sudah di siapkan oleh Polda Lampung Polda Banten dan ASDP dalam mengantisipasi nanti dipergerakan malsalah kita di Nataru," ujarnya.

Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru 2023 di Jalur Penyeberangan ASDP, Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Dia mengimbau kepada masyarakat agar mengikuti aturan dan anjuran kendaraan yang nantinya diatur oleh petugas.

Menurutnya, hal itu demi kemanan dan keselamatan masyarakat yang merayakan Nataru.

"Saya mengimbau mayarakat kita yang merayakan Nataru ikuti anjuran kendaraan yang nanti akan diatur oleh petugas untuk kemanan dan keselamatan masyarakat yang merayakan Nataru," imbuhnya.

Baca juga: Wisata Keren di Banten: Menikmati Suasana Syahdu Hotel Merak Beach di Malam Hari

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Santyabudi, meminta kepada masyarakat yang akan melakukan libur Nataru agar dapat menyiapkan diri semaksimal mungkin.

Mulai dari kendaraan, kesehatan dan lain sebagainya.

"Saya ingatkan hari Natal dan tahun baru jatuh pada hari Minggu dan hari Senin sudah mulai masuk sekolah dan mulai kerja. Jadi tolong pertimbangkan apakah perlu melakukan perjalanan atau cukup melakukan Natal dan Tahun Baru di Kotanya masing-masing sambil melihat situasi cuaca jangan lupa," ucap Firman.

Adapun terkait dengan kesiapan angkutan Nataru, Firman mengaku pihaknya siap melayani masyarakat 24 jam hingga masyarakat sampai ditempat tujuannya masing-masing.

"Kami dari kepolisian akan menjamin keamanan masyarakat yang berangkat pagi, siang maupun malam. Karena selain dikawal pada saat kendaraan masuk ke dalam kapal maupun pada saat sesampainya di Pelabuhan Bakauheni Lampung akan dikawal oleh petugas kami. Hal itu sudah diterapkan setiap momen libur Nataru," jelasnya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved