Breaking News:

Layani Hak Pemilih di Pemilu 2024, KPU Lebak Dirikan TPS di Lingkungan Perusahaan dan Ponpes

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak mempersiapkan tempat pemungutan suara (TPS) di perusahaan dan pondok pesantren (ponpes) untuk Pemilu 2024.

Penulis: Nurandi | Editor: Glery Lazuardi
Tribunnews.com
Ilustrasi KPU. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak mempersiapkan tempat pemungutan suara (TPS) di perusahaan dan pondok pesantren (ponpes) untuk Pemilu 2024. Upaya mempersiapkan TPS di perusahaan dan ponpes itu dilakukan untuk melayani calon pemilih yang akan menggunakan hak pemilih di pesta demokrasi rakyat. 

Laporan Wartawan Tribun Banten.com, Nurandi

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak mempersiapkan tempat pemungutan suara ( TPS) di perusahaan dan pondok pesantren (ponpes) untuk Pemilu 2024.

Upaya mempersiapkan TPS di perusahaan dan ponpes itu dilakukan untuk melayani calon pemilih yang akan menggunakan hak pemilih di pesta demokrasi rakyat.

"Jadi misalnya yang di ponpes dan perusahaan, mereka saat pada hari H pemilihan mereka tidak dapat hadir, lantaran yang di ponpes tidak pulang dan di perusahaan ada shift kerja," kata Komisioner KPU Lebak Encep Supriatna saat dihubungi TribunBanten.com, Rabu (25/1/2023).

Baca juga: Didaulat PKS Jadi Bakal Calon Gubernur Banten Tahun 2024, Gembong R Sumedi Belajar dari Pengalaman

Menurut dia, keberadaan TPS khusus itu akan ditempatkan sesuai kebutuhan masing-masing.

"Jadi maka dari kami sediakan TPS khususnya," ujarnya.

Dari hasil pendataan KPU Lebak, TPS khusus itu akan ditempatkan di PT Cemindo Gemilang, Kecamatan Bayah, Lapas Kelas III Rangkasbitung, Ponpes Darunnaim Kecamatan Kalanganyar dan Ponpes Darel Azhar Rangkasbitung.

Hingga kini, KPU Lebak masih akan mendata tempat lainnya dalam mendirikan TPS khusus selanjutnya, dalam mensukseskan Pemilu 2023. Dia mengungkapkan, keberadaan TPS khusus ada aturannya dan tidak langsung begitu saja dapat ditempatkan.

"Aturannya untuk TPS khusus ini, pemilihnya lebih dari seratus yang di tempat tersebut, kalau kurang bisa di TPS yang ada di wilayah sekitarnya. Selain itu TPS khusus ini, harus dari permintaan pihak pengelola dari pemilik tempat," ujarnya.

Untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dia menambahkan masih menjadi pembahasan KPU Lebak.

Baca juga: Jadi Kader Golkar, Kans Ridwan Kamil Jadi Capres 2024 Resmi Tertutup?

"Jadi KPPS di TPS khusus berasal dari lingkungan internal tempat itu sendiri, tetapi saat ini kami masih membahas hal tersebut, mereka bersedia atau tidak," ucapnya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved