Breaking News:

Virus corona

Hasil Riset: Banten dan Provinsi Ini Paling Tidak Siap Hadapi Ledakan Puncak Corona

Jawa Barat dan Banten dinilai sebagai provinsi paling tidak siap menghadapi ledakan puncak virus corona yang diprediksi terjadi pada April-Mei 2020.

Editor: Abdul Qodir
(KOMPAS.COM/ACEP NAZMUDIN)
Situasi di RSUD Banten sepi setelah ditetapkan sebagai RS khusus corona atau Covid-19 di Provinsi Banten, Rabu (25/3/2020). 

TRIBUNBANTEN.COM, JAKARTA - Pandemi virus corona atau Covid-19 kian meluas ke sejumlah wilayah Indonesia, termasuk ke wilayah sekitar episenter corona DKI Jakarta.

Riset Katadata Insight Center (KIC) mengungkap, terdapat tiga provinsi di Indonesia, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, yang paling rentan terhadap penyebaran virus mematikan itu.

Namun, Jawa Barat dan Banten dinilai sebagai provinsi yang paling tidak siap menghadapi ledakan puncak virus corona yang diprediksi terjadi pada April hingga Mei 2020.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Riset Katadata, Mulya Amri dalam acara Press Briefing "Siapkah Daerah Menghadapi Pandemi: Peluncuran Indeks Kerentanan Provinsi terhadap Covid-19" di Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Penyebabnya, kata Mulya, kurang memadainya kondisi layanan kesehatan di Jawa Barat dan Banten.

Padahal, keduanya merupakan provinsi terdekat dengan DKI Jakarta sebagai wilayah dengan penyebaran corona terbesar di Indonesia.

"Konektivitas ketiga provinsi ini sangat baik sehingga menyebabkan mobilitas penduduk sangat tinggi. Ini berpotensi menyebarkan virus dari DKI ke dua provinsi tersebut," kata Mulya.

Update Corona: Pasien Bertambah 106 Orang Tersebar di 9 Provinsi, termasuk Banten

3 Dokter Meninggal Hari ini karena Covid-19, Satunya dari Tangsel, Total Sudah 18 Dokter Meninggal

Berdasarkan riset KIC, DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat merupakan provinsi dengan tingkat kerentanan paling tinggi terhadap Covid-19. Ketiganya masing-masing memiliki indeks 47.05, 45.54, dan 43.59.

Meski memiliki indeks kerentanan tertinggi, kondisi layanan kesehatan DKI Jakarta merupakan yang paling baik di antara seluruh provinsi Indonesia.

Sementara, Jawa Barat dan Banten merupakan provinsi yang kondisi layanan kesehatannya sangat memerlukan perhatian.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved