Breaking News:

Komisi

Mediasi Perdana dengan KPK, Pejabat Pemkot dan Pemkab Serang Saling Berebut Pendopo

Jika dalam mediasi selanjutnya belum ada titik temu mengenai inventaris dan pelimpahan aset ini, maka pihaknya akan membawa masalah ini ke pengadilan.

ist
Koordinator Wilayah II KPK Asep Rahmat Suhanda memimpin pertemuan mediasi penyelesaian pelimpahan aset antara pejabat Pemkot Serang dan Pemkab Serang di rapat Inspektorat Provinsi Banten, Kota Serang, Banten, Kamis (23/7/2020). 

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Tim Koordinasi Supervisi Pencegahan (Korsupgah) memimpin pertemuan mediasi pertama penyelesaian kepemilikan aset antara Pemkot Serang dan Pemkab Serang yang tak kunjung selesai pasca-13 tahun pembentukan Kota Serang.

Pertemuan dilangsungkan di ruang rapat Inspektorat Provinsi Banten, Kota Serang, Banten, Kamis (23/7/2020).

Rapat dihadiri oleh Koordinator Wilayah II KPK Asep Rahmat Suhanda, Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin di dampingi Sekretaris Daerah Kota Serang Tb Urip Henus Surawardhanaserta serta perwakilan Pemkab Serang dan Provinsi Banten.

Turut hadir beberapa pimpinan OPD lain seperti Inspektorat dan BPKAD masing-masing pemda dan anggota Komisi I pada DPRD Kabupaten Serang Zaenal Abidin.

Dalam pertemuan tersebut, masing-masing perwakilan Pemkot Serang dan Pemkab Serang kerap bersikeras atas kepemilikan 

aset yang ada di wilayah mereka.

Perwakilan Pemkot Serang berpendapat, dengan mengacu UU Nomor 32 Tahun 2007 tentang pembentukan Kota Serang, maka seluruh aset yang berlokasi di Kota Serang harus dilimpahkan ke pemerintahan daerahnya.

Sementara, perwakilan Pemkab Serang berpendapat, mengacu undang-undang yang sama, maka kewajiban mereka hanya melimpahkan sebagian aset saja.

Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin mengatakan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, di antaranya mengatur pengalihan kewenangan urusan kabupaten/kota ke provinsi.

Menurutnya, dalam penyerahan urusan tersebut termasuk juga di dalamnya pengalihan aset tetap yang terkait dengan kewenangan yang diserahkan.

Halaman
1234
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved