Breaking News:

Virus Corona

Setelah Ratusan Karyawan LG, Kini 71 Karyawan Pabrik Suzuki Tertular Covid-19

Perusahaan itu misalnya melakukan tes swab dengan meteode PCR (Polymerase Chain Reaction) ke semua karyawan yang kontak erat dengan karyawan

istimewa
Rapid test di pabrik Suzuki Tambun I 

TRIBUNBANTEN.COM - Sebanyak 71 karyawan pabrik manufaktur sepeda motor Suzuki Tambun 1 di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terpapar Covid-19.

“Seperti disampaikan Pemerintah Jawa Barat kemarin, saat ini di pabrik Tambun I ada 71 orang karyawan yang terpapar Covid-19," kata President Director PT Suzuki Indomobil Motor/PT Suzuki Indomobil Sales, Seiji Itayama, melalui keterangan tertulis, Jumat (28/8/2020).

Sebanyak 71 karyawan tersebut diketahui terpapar Covid-19 pada pertengahan Agustus ini setelah pihak Suzuki melakukan rapid tes terhadap 900 karyawannya di Tambun, Bekasi.

Selanjutnya, karyawan yang ditemukan reaktif Covid-19 langsung menjalani swab test.

Dari hasil swab test diketahui ada 71 karyawan Suzuki terpapar Covid-19.

Para karyawan yang terpapar Covid-19 tersebut saat ini sedang menjalani karantina mandiri dan beberapa di antaranya mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Setelah ketahuan terpapar Covid-19, Suzuki mengurangi kapasitas produksi di pabrik Tambun I sejak 24 Agustus 2020. Seiji Itayama memastikan, kondisi di pabrik Suzuki itu saat ini sudah kondusif.

“Meskipun kami sudah menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid- 19 dengan ketat, penularan tersebut tidak bisa dihindari. Untuk itu, pengurangan kapasitas produksi harus dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut,” ujar dia.

238 Karyawan Pabrik LG Electronics di Jabodetabek Ini Tertular Covid-19, Ini Awal Mulanya

Pabrik perakitan PT Indomobil Suzuki Motor di Jalan Sultan Hasanuddin, Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
Pabrik perakitan PT Indomobil Suzuki Motor di Jalan Sultan Hasanuddin, Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar)

Menurut dia, Suzuki selalu berkoordinasi dan menyampaikan perkembangan situasi terkini dan penanganannya kepada tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bekasi yang terdiri dari Dinas Tenaga Kerja, Dinas Kesehatan, dan Dinas Perindustrian.

Suzuki juga telah melakukan berbagai upaya pencegahan yang telah direkomendasikan tim Gugus Tugas Covid-19.

Halaman
12
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved