Breaking News:

Virus Corona di Banten

Alat Canggih Pendeteksi Covid-19: Mobile Lab Biosafety Level 2, Tiba di Tangerang Selatan,

Kota Tangerang Selatan menerima alat Mobile Lab Biosafety Level 2. Mobile Lab Biosafety Level 2 adalah laboratorium berjalan untuk melakukan swab test

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi
Mobile Lab Biosafety Level 2 

TRIBUNBANTEN, TANGSEL - Kota Tangerang Selatan menerima alat Mobile Lab Biosafety Level 2. Mobile Lab Biosafety Level 2 adalah laboratorium berjalan untuk melakukan swab test.

Laboratorium merupakan teknologi swab test pertama di Indonesia untuk mendeteksi kasus penyebaran coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Alat yang dibuat langsung oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memberikan laboratorium itu.

Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Indonesia, Bambang Brodjonegoro mengatakan Mobile Lab Biosafety Level 2 ini diharapkan bisa melakukan tracing Covid-19 sesuai dengan target Presiden Indonesia, Joko Widodo.

"Diharapkan terhadap mobile lab ini bisa menambah kapasitas pemeriksaan perhari sesuai yang ditargetkan menuju 30 ribu perhari. Sekaligus meningkatkan rasio pemeriksaan rate persatu juta penduduk," kata Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Indonesia, Bambang Brodjonegoro, di Kantor Dinas Kesehatan Tangerang Selatan, Minggu (30/8/2020).

Pecah Rekor 3.308 Kasus, Tertinggi di DKI dan Jatim, Siapkan Langkah Antisipasi Lonjakan Covid-19

Kasus Covid-19 di Kota Tangerang Melonjak Tajam, Pedagang Pasar Malah Demo

Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Indonesia, Bambang Brodjonegoro menjelaskan alasan pemberian sementara ini dilakukan di Tangerang Selatan karena, kota yang berdekatan dengan DKI Jakarta tersebut mengalami kenaikan angka Covid-19 belakangan ini.

Menurut Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Indonesia, Bambang Brodjonegoro, Mobile Lab Biosafety Level 2 ini akan berkeliling daerah-daerah yang memang memasuki zona merah Covid-19 untuk dilakukan swab test.

"Intinya kita harus berikan perhatian pemeriksaan kepada daerah yang barangkali kasus infeksi Covid-nya sedang mengalami peningkatan," ujar Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Indonesia, Bambang Brodjonegoro.

Sementara itu, Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan, Mobile Lab Biosafety Level 2 ini bisa dimobilisasikan ke berbagai tempat yang memang sedang mengalami turbulensi kasus Covid-19.

Fasilitas tersebut nantinya akan diperuntukan untuk swab test yang dioperasikan oleh tenaga medis dimasing-masing daerah.

Mobile Lab Biosafety Level 2
Mobile Lab Biosafety Level 2 (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi)
Halaman
12
Editor: Glery Lazuardi
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved