Breaking News:

Virus Corona

Ratusan Ribu Pelajar Dapat Subsidi Kuota Internet, Bagaimana Nasib Mereka di Wilayah Sulit Sinyal?

Sebanyak 118.000 siswa mulai dari tingkat pendidikan anak usia dini hingga sekolah menengah pertama di Kota Serang menerima kuota internet

Tribuners/Martin Ronaldo Pakpahan
Wakil Wali Kota Serang Subadri Usuludin melakukan sidak penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah SMPN 11 Kota Serang, Banten, Selasa (18/8/2020). 

TRIBUNBANTEN, BANTEN - Sebanyak 118.000 siswa mulai dari tingkat pendidikan anak usia dini hingga sekolah menengah pertama di Kota Serang menerima kuota internet gratis.

Pemberian kuota internet gratis itu merupakan salah satu kebijakan pemerintah bagi pelajar di tengah masa pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Bantuan itu diberikan untuk menunjang kegiatan belajar para siswa di tengah era pandemi Covid-19.

Asik, Pelajar dan Mahasiswa Dapat Bantuan Kuota Internet

Batal Liburan, Pelajar Ini Beri Uang Tabungan untuk Bantu Warga Terdampak Covid-19

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang, Wasis Dewanto, mengatakan pemberian bantuan subsidi kuota internet yang dicanangkan oleh pemerintah itu sebagai wujud kepedulian pemerintah dalam hal pendidikan.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang, Wasis Dewanto, mekanisme penyaluran bantuan kuota internet itu akan diberikan langsung kepada para siswa melalui nomor telefon siswa.

"Iya benar, harus masuk data pokok pendidikan dengan nomor handphone siswa. Nanti dari pusat itu, berdasarkan nomor-nomor yang diinput," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang, Wasis Dewanto, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Minggu (30/8/2020).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang, Wasis Dewanto menjelaskan, nantinya nomor telepon yang diberikan oleh para walimurid ataupun siswa akan diinput oleh pihak sekolah, lalu selanjutnya pihak sekolah akanmengintegrasikan nomor telepon tersebut ke aplikasi dapodik.

Sehingga nantinya dapodik tersebut akan masuk ke sistem dapodik kementerian pendidikan dan kebudayaan.

"Teknisnya ke sekolah, sekolah sudah tahu dan pasti sudah menginput tapi perlu cek dan ricek, paling terkahir tanggal 31 Agustus," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang, Wasis Dewanto.

Namun, belum semua pelajar di wilayah Kota Serang menerima bantuan. Diantaranya yang belum menerima bantuan adalah mereka yang tinggal di wilayah kesulitan sinyal.

Pelajar mengerjakan tugas sambil mencari sinyal karena di Kelurahan Dibendung, Kecamatan Taktakan, Serang, tidak ada sinyal, Jumat (7/8/2020).
Pelajar mengerjakan tugas sambil mencari sinyal karena di Kelurahan Dibendung, Kecamatan Taktakan, Serang, tidak ada sinyal, Jumat (7/8/2020). (Tribuners/Martin Ronaldo)

Di Kota Serang terdapat beberapa wilayah yang masih belum mempunyai tower untuk mengakses sinyal.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan OPD dilingkungan terkait untuk dapat mengintegrasikan sinyal yang masih belum tersentuh sama sekali.

"Kami sudah laporkan juga ke Walikota kondisi jaringan bahwa ada peran-peran lain lah yang bisa diselesaikan dengan bekerja sama dengan Telkomsel atau XL itu melalui Dinas komunikasi yang mempunyai kewenangan di sana," tambahnya.

Kemendikbud Beri Subsidi Kuota Internet, Sekolah di Daerah Sulit Sinyal-Listrik Harus Diperhatikan

Cerita Warga Cibendung, Kota Serang, Belum Menjangkau Sinyal Selular

Untuk diketahui, pemberian bantuan itu sesuai surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia Nomor 8202 Tahun 2020 tentang Program Pemberian Kuota Internet Bagi Peserta Didik.

TRIBUNNERS/(Martin Ronaldo Pakpahan)

Editor: Glery Lazuardi
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved