Breaking News:

Pilkada Kabupaten Pandeglang

Bawaslu Peringatkan Pelanggar Protokol Kesehatan saat Pilkada dapat Dikarantina

Ia menjelaskan, Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2020 diatur saat teguran tak dihiraukan, maka KPU dan Bawaslu berkoordinasi untuk mengenakan sanksi

Tribunbanten.com/Zuhirna Wulan Dilla
Aksi saling dorong dan teriakan dari pendukung dan kepolisian mewarnai pendaftaran paslon Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusomo di kantor KPU Kota Tangerang Selatan, Jumat (4/9/2020). 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Rizki Asdiarman

TRIBUNBANTEN.COM, PANDEGLANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang akan memberikan sanksi teguran hingga karantina bagi pelanggar protokol kesehatan di Pilkada 2020.

"Jika tidak dihiraukan, maka akan berlaku sanksi pelanggaran kesehatan, untuk saat ini," ujar anggota Bawaslu Kabupaten Pandgelang, Karsono, di kantornya, di kantor Bawaslu Pandeglang, Jl Cigadung, Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (14/09/2020).

Ia menjelaskan, Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2020 diatur saat teguran tak dihiraukan, maka KPU dan Bawaslu berkoordinasi untuk mengenakan sanksi sesuai aturan perundang-undangan yang ada.

Di antaranya adalah UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan, Permenkes Nomor 9 Tahun 2020, dan peraturan daerah masing-masing.

Adapun sanksi pidana menjadi ranah pihak kepolisian.

"Ada undang-undang lain, tapi tidak menjadi kewenangan Bawaslu terkait sanksi pidana bagi pelanggar yang masih membandel," kata Karsono yang juga menjabat Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Pandeglang.

Ia menerangkan, Bawaslu hanya berperan menyerahkan pelanggaran pidana ini kepada kepolisian hal itu menjadi ranah kepolisian.

"Kami masih menunggu keputusan dari Mendagri terkait sanksi pidana. Kalau sudah keluar, pasti kita berlakukan," ujarnya.

Kapolda Banten: Bacalon Kepala Daerah Harus Jadi Contoh Penerapan Protokol Kesehatan

Terciduk, Ini 5 Paslon Kepala Daerah di Banten yang Langgar Protokol Kesehatan Saat Mendaftar ke KPU

72 Calon Petahana Dapat Teguran Keras dari Mendagri, Beberapa dari Banten

Anggota Bawaslu Kabupaten Pandgelang, Karsono.
Anggota Bawaslu Kabupaten Pandgelang, Karsono. (Tribunbanten.com/Rizki Asdiarman)

Ia menjelaskan, Bawaslu Pandeglang akan berkerjasama dengan tim Gugus Tugas Pandemi Covid-19 dalam pengawasan kampanye Pilkada 2020.

Halaman
12
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved