Breaking News:

Bayi Malang Dibuang di Kebun Sawit, Sempat Dikerumuni Belatung, Begini Kondisinya Setelah Dirawat

Humas RSUD Berkah Pandeglang, Dr Achmad Chubaesi mengungkapkan bayi ditemukan warga dalam kondisi dikerumuni lalat dan belatung.

Penulis: Rizki Asdiarman | Editor: Abdul Qodir
Dok Polres Pandeglang
Tenaga medis menangani bayi di salah satu ruangan di RUSD Berkah Pandeglang, Palurahan, Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, Jumat (27/11/2020). Bayi itu ditemukan warga yang melintas di kebun sawit Blok 112 Cadas Ngampar, Desa Rawasari, Kecamatan Cisata Kabupaten Pandeglang pada pagi harinya. 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Rizki Asdiarman

TRIBUNBANTEN.COM, PANDEGLANG - Jumat (27/11/2020) pagi buta, warga Kampung Pasir dikejutkan penemuan bayi perempuan di Kebun Sawit Blok 112 Cadas Ngampar, Desa Rawasari, Kecamatan Cisata, Kabupaten Pandeglang.

Bayi malang itu menangis dan ditemukan warga yang melintas dalam kondisi masih tali pusar.

Temuan bayi tersebut dilaporkan ke kepolisian setempat.

Dan selanjutnya dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah Pandeglang.

Humas RSUD Berkah Pandeglang, Dr Achmad Chubaesi mengungkapkan bayi ditemukan warga dalam kondisi dikerumuni lalat dan belatung.

"Kondisi bayi saat kami terima di RSUD langsung diantarkan ke Unit Gawat Darurat (UGD). Kami sudah bersihkan dari keadaan sebelumnya yang diketahui bayi dikerumuni belatung," jelasnya saat dihubungi pada Jumat (27/11/2020).

Ia menjelaskan, hasil pemeriksaan tim kesehatan menunjukan bayi tersebut dalam keadaan sehat dengan organ tubuh lengkap.

Namun, terdapat beberapa luka memar di pucuk kepala bayi dengan diameter sekitar 1 cm.

Diperkirakan bayi malang itu masih lahir dalam hitungan sebelum warga. "Diperkirakan kurang satu satu hari, masih dalam hitungan jam," katanya.

Diduga sang ibu membuang bayinya itu tidak lama dia melanhirkan mengingat masih terdapat tali puser di bayir itu. "Karena saat dibersihkan, tali puser bayi mengeluarkan darah segar," ucapnya. 

Meski begitu, Chubaesi menilai secara umum bayi itu dalam keadaan sehat dan tampak cantik dengan kulit putih.

"Karena bayi sempat pertama kali ditangani oleh Puskesmas Cisata dan dipasangkan infus untuk antibiotik guna untuk pencegahan infeksi pada bayi," katanya.

Baca juga: Istri Usai Lahiran Ditandu Sarung Lewati Jalan Rusak Nan Curam, Bayi Digendong, Suami Waswas Jatuh

Bayi ditemukan warga yang melintas di kebun sawit Blok 112 Cadas Ngampar, Desa Rawasari, Kecamatan Cisata Kabupaten Pandeglang pada Jumat (27/11/2020) pagi. Bayi itu dirawat di RUSD Berkah Pandeglang.
Bayi ditemukan warga yang melintas di kebun sawit Blok 112 Cadas Ngampar, Desa Rawasari, Kecamatan Cisata Kabupaten Pandeglang pada Jumat (27/11/2020) pagi. Bayi itu dirawat di RUSD Berkah Pandeglang. (Dok Polres Pandeglang)

Ia menyebutkan, saat ini bayi itu dalam penanganan di ruang Perinatologi, yakni ruang khusus untuk pasien bayi yang baru lahir kurang satu bulan dengan yang mempunyai gangguan atau sakit. "Dengan penanganan dokter spesialis anak," jelasnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved