Breaking News:

Pilkada Tangerang Selatan

Soroti Ratusan Kekerasan Perempuan dan Anak di Tangsel, Muhamad-Saraswati Ingin Buat Aplikasi Khusus

Keduanya berkomitmen untuk dapat menangani masalah tersebut membuat aplikasi pelaporan kasus cepat tanggap.

Penulis: Zuhirna Wulan Dilla | Editor: Abdul Qodir
Tangkapan layar Useetv
Paslon nomor urut 3 Muhamad-Rahayu Saraswati dalam debat publik putaran kedua Pilkada Tangerang Selatan 2020 yang disiarkan langsung Metro TV, Kamis (3/12/2020) malam. 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Zuhirna Wulan Dilla

TRIBUNBANTEN.COM, TANGERANG SELATAN - Debat publik putaran kedua Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) digelar KPU dan disiarkan langsung Metro TV, Kamis (3/12/2020) malam.

Pasangan calon nomor urut 1, Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo menyoroti 500 kasus kekerasan seksual perempuan dan anak yang masih menjadi persoalan besar di Tangsel.

"Pemkot Tangsel memiliki banyak aplikasi, harusnya ada aplikasi cepat tanggap untuk kasus kekerasan, sehingga jika ada yang mendapat kasus tersebut, baik itu di dalam atau ruang publik dapat cepat tertangani," ujar Rahayu Saraswati dalam debat publik itu.

Sementara, Muhamad menyebut persoalan kekerasan seksual perempuan dan anak menjadi masalah besar yang belum dapat teratasi di Tangsel.

"Hal ini masih menjadi persoalan besar di Tangsel," kata Muhamad.

Baca juga: Cawalkot Tangsel Benyamin Davnie Janji Ngantor di Pinggir Kali Bareng Tukang Becak

Baca juga: Debat Pilkada Tangsel, Azizah-Ruhamaben Janji Bangun Pelayanan Publik Berbasis IT, Bukan Seolah-olah

Keduanya berkomitmen untuk dapat menangani masalah tersebut membuat aplikasi pelaporan kasus cepat tanggap.

Debat publik putaran kedua ini mengusung tema "Mewujudkan  Masyarakat Tangsel yang Aman, Damai dan Berkeadilan".

Tim pakar debat publik putaran kedua Pilkada Tangsel 2020 terdiri dari para ahli yang berkompeten di berbagai bidang.

Pertarungan 3 paslon elite politik

Debat publik putaran kedua untuk Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) digelar KPU Kota Tangerang Selatan dan disiarkan langsung Metro TV, Kamis (3/12/2020) malam. Debat mempertemukan tiga pasangan calon yang bertarung dalam Pilkada Tangerang Selatan 2020.
Debat publik putaran kedua untuk Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) digelar KPU Kota Tangerang Selatan dan disiarkan langsung Metro TV, Kamis (3/12/2020) malam. Debat mempertemukan tiga pasangan calon yang bertarung dalam Pilkada Tangerang Selatan 2020. (Tangkapan layar Useetv)

Pilkada Tangsel 2020 menjadi ajang persaingan tiga pasangan calon dari keluarga elite politik yang berebut kekuasaan lewat pemungutan suara 9 Desember 2020.

Pasangan nomor urut satu adalah Muhamad-Rahayu Saraswari Djojohadikusumo (Sara) yang diusung PDI-P, Gerindra, PSI, PAN, dan Hanura dengan total 23 kursi di DPRD Tangsel.

Mereka juga didukung empat partai tanpa kursi di DPRD Tangsel, yakni Nasdem, Perindo, Garuda, dan Berkarya.

Muhamad ialah mantan sekretaris daerah (Sekda) Tangsel yang mengundurkan diri seiring pencalonan dirinya di Pilkada 2020.

Sementara Sara, merupakan politisi Partai Gerindra sekaligus keponakan dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Pada nomor urut dua, terdapat pasangan calon Siti Nur Azizah-Ruhamaben yang diusung Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan total 13 kursi di DPRD Tangsel.

Siti Nur Azizah merupakan putri keempat dari Wapres Ma'ruf Amin. Azizah kini menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat.

Pencoblosan Pilkada Tangsel 2020 dilaksanakan pada 9 Desember 2020 bersamaan Pilkada Serentak di 270 wilayah di Indonesia.

Pilkada Serentak 2020 menjadi sejarah Indonesia karena digelar bersamaan pandemi Covid-19.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved