Breaking News:

Angka Cerai Tinggi, Pengadilan Agama Pandeglang Gelar Sidang Cerai Keliling di Labuan

Selain faktor ekonomi, faktor perselingkuhan disinyalir menjadi alasan terus meningkatnya angka perceraian di Kabupaten Pandeglang.

Penulis: Wijanarko | Editor: Abdul Qodir
tribunnews batam / istimewa
Ilustrasi sidang gugatan perceraian 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Wijanarko

TRIBUNBANTEN.COM, PANDEGLANG - Pengadilan Agama Pandeglang berencana menyelenggarakan program Sidang Keliling di Kecamatan Labuan mulai tahun 2021, termasuk perkara gugatan perceraian.

Sidang keliling itu sendiri merupakan program sidang terbuka yang dilakukan di luar kantor pengadilan agama.

Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat yang tinggal jauh dari pusat Pemerintahan Kabupaten Pandeglang agar tetap dapat bisa mengajukan sidang perkara.

"Tahun kemarin, kami melaksanakan program sidang keliling di wilayah Kecamatan Panimbang sebanyak 25 kali. Tahun ini rencananya di wilayah Labuan, wilayah yang cukup jauh dari wilayah pusat Pandeglang, sebanyak 50 kali," ujar Humas Pengadilan Agama Pandeglang Ahmad Jajuli saat ditemui TribunBanten.com di kantornya, Pandeglang, Jumat (22/1/2021).

Data yang diterima TribunBanten.com, angka perceraian di Kabupaten Pandeglang mengalami kenaikan pada tahun 2020 dibandingkan tahun 2019.

Pengadilan Agama Pandeglang mencatat ada 1.422 perkara dengan pembagian sebanyak 225 perkara adalah Cerai Talak dan sebanyak 1.197 perkara adalah Cerai Gugat.

Adapun laporan perkara cerai yang telah diputus PA Pandeglang tercatat sebanyak 1.387 perkara. Rinciannya, sebanyak 221 perkara Cerai Talak dan 1.166 perkara Cerai Gugat.

Pada tahun 2019, perkara cerai yang diterima PA Pandeglang tercatat sebanyak 1.383 perkara, dan perkara cerai yang diputuskan sebanyak 1.257 perkara.

Suasana kantor Pengadilan Agama Pandeglang di Jalan Labuan Raya, Maja, Pandeglang, Banten, Jumat (22/1/2021).
Suasana kantor Pengadilan Agama Pandeglang di Jalan Labuan Raya, Maja, Pandeglang, Banten, Jumat (22/1/2021). (Tribunbanten.com/Wijanarko)

Jajuli membenarkan kenaikan angka perceraian di Pandeglang ini.

Halaman
123
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved